Mohon tunggu...
Mustika
Mustika Mohon Tunggu... Pendidikan Bahasa Indonesia

Jangan takut dengan perubahan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengabdi PPL di Sekolah Unggulan pada Pandemi Covid-19

26 September 2020   07:26 Diperbarui: 26 September 2020   07:30 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengabdi PPL di Sekolah Unggulan pada Pandemi Covid-19
Dok. pribadi


Tarakan (SMAN 1 Tarakan) - Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon  pendidik dan tenaga kependidikan.  Hari ini adalah hari pengantaran mahasiswa PPL ke mitra sekolah. Pengantaran mahasiswa PPL kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pandemi Covid-19 ini, kami mengharuskan mengikuti protokol kesehatan, Jum'at (25/9).

Koordinasi PPL Universitas Borneo Tarakan (UBT) yang berlangsung di SMAN 1 Tarakan pada Jum'at (25/9/2020) pukul 09.00 WITA ini dihadiri oleh Dr. Arifin,S.Pd.,M.Pd. selaku dosen koordinator PPL, Kepala Sekolah SMAN 1 Tarakan,  serta mahasiswa PPL.
Meskipun pandemic Covid-19 masih berlangsung namun PPL harus tetap dilaksanakan. Oleh karena itu Dr. Arifin,S.Pd.,M.Pd. selaku koordinator PPL sangat berterimakasih akan adanya kerjasama antara pihak UBT dan SMAN 1 Tarakan  Harapan beliau agar pelaksanaan PPL pada tanggal 25 September - 19 Desember 2020 bisa terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Tarakan mengharapkan para mahasiswa PPL untuk bisa menjalin komunikasi dengan baik antar warga sekolah,  dan bisa berinovasi dalam pembelajaran, karena kondisi pandemi.

"PPL tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena adanya Covid-19, jadi mahasiswa PPL harus bisa membuat media pembelajaran yang lebih inovatif. Karna tidak semua siswa memiliki kuota yang cukup. Namun, nanti bisa mengkoordinasikan kepada guru pamongnya, aplikasi apa yang dipakai saat melakukan kegiatan belajar mengajar. Karna aplikasi pembelajaran itu ada banyak, ada google classroom, Whatsapp, Google Form, ZOOM dan sebagainya. Dan juga para mahasiswa PPL tetap harus menjalin komunikasi antar guru-guru lainnya bukan hanya kepada guru pamongnya saja".

Lebih lanjut Kepala Sekolah  SMAN 1 Tarakan menyampaikan bahwa, "dan sebagai calon pendidik kalian (para mahasiswa PPL) harus  memahami 4 kompetensi guru yakni kompetensi pedagogik, sosial, pribadi, dan profesional".
Kami yakin Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ini akan banyak hal-hal menarik dan jauh berbeda dari pengalaman-pengalaman PPL sebelum-sebelumnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x