Mohon tunggu...
Danang Arief
Danang Arief Mohon Tunggu... Psikolog - Praktisi OD, Pesepeda

Berbagi untuk belajar lebih baik, belajar untuk berbagi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tools Sederhana yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Kita

2 Juni 2021   07:30 Diperbarui: 2 Juni 2021   07:36 242 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tools Sederhana yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Kita
sumber gambar: pixabay

Saat ini, kita hidup di era digital yang ditandai dengan mulai hilangnya banyak pekerjaan. Pekerjaan yang membutuhkan keterampilan fisik dan manual serta kemampuan kognitif sederhana akan banyak berkurang jumlahnya. 

Sebaliknya, pekerjaan yang membutuhkan Keterampilan teknologi dan kemampuan kognitif yang tinggi akan bermunculan. Hal ini memberikan tantangan bagi diri kita bagaimana agar tetap relevan, sehingga dapat bertahan atau bahkan rise above the crowd - meminjam istilah Dr. Indrawan Nugroho - di era yang penuh ketidakpastian ini.

Critical thinking menduduki peringkat pertama sebagai softskill yang paling dibutuhkan di era digital. Ia juga berada di jajaran atas pada daftar keterampilan yang harus dimiliki oleh pekerja remote yang dikeluarkan oleh Forbes.

Seorang yang memiliki critical thinking akan mampu berpikir secara rasional dan sistematis untuk memahami koneksi antara berbagai ide dan atau fakta. Critical thinking adalah berpikir tentang berpikir. Ia mengidentifikasi, menganalisa, dan memperbaiki kesalahan dalam cara berpikir kita.

Seperti halnya dengan ketrampilan lainnya, butuh latihan terus-menerus agar kemampuan critical thinking dapat meningkat. Salah satu tools yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan ini adalah the thinking map

Tools ini terdiri dari 8 bentuk map, yaitu: circle map, tree map, bubble map, double bubble map, flow map, multi flow map, brace map dan bridge map. Penggunaan dari setiap map disesuaikan dengan kasus atau hal yang ingin dianalisa atau diselesaikan. Di dalam artikel ini, kita akan bahas beberapa diantaranya.

1 Multi Flow Map

dokpri
dokpri
Multi flow map adalah metode thinking map yang digunakan untuk menunjukkan hubungan sebab akibat antar event. Metode ini bermanfaat untuk menganalisa sebab, akibat dan atau sebab-akibat,  dari suatu peristiwa.

2 Circle Map

sumber gambar: slideplayer.com/user/5216847
sumber gambar: slideplayer.com/user/5216847

Circle map adalah salah satu metode di dalam thinking map yang digunakan untuk mendefinisikan dan menggali informasi dari suatu ide atau konsep. Metode ini banyak digunakan pada saat sesi brainstorming untuk penggalian suatu ide.

3 Double Bubble Map

sumber gambar: www.susd.org
sumber gambar: www.susd.org

Double bubble map adalah salah satu metode di dalam thinking map yang digunakan untuk mendeskripsikan dua ide atau objek tertentu dengan menganalisa apa saja kemiripan dan perbedaan antara keduanya. Dari map ini, akan terlihat perbedaan karakter atau kualitas dari kedua hal yang dibandingkan.

4 Brace Map

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x