Bisnis Pilihan

Mau Bisnis Tahan Lama? Bikin "Brand" Sendiri

19 September 2018   23:21 Diperbarui: 20 September 2018   00:17 858 1 1
Mau Bisnis Tahan Lama? Bikin "Brand" Sendiri
Foto: Dok. Pribadi

Punya bisnis saat ini bukan lagi perkara sulit. Ada banyak cara dan kemudahan yang diberikan untuk memulai bisnis, apa lagi bisnis online yang punya pangsa pasar besar di tanah air. Tak punya lokasi untuk membuka bisnis? Cukup buka di berbagai market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, bahkan skala internasional ada Ebay dan Alibaba untuk menjual produk secara online.

Kemudahan yang diberikan untuk berbisnis online membuat semua orang bisa membuka bisnis serupa. Apakah sebagai pemasok maupun reseller barang-barang sejenis. Tak jarang hal ini menciptakan persaingan yang terlampau ketat di kalangan pengusaha bisnis online. Lalu bagaimana memenangkan persaingan dan bertahan pada bisnis yang digeluti?

Foto: Dok. Pribadi
Foto: Dok. Pribadi
Pengusaha bisnis online bidang pet furniture Jesieca Sun punya jawaban menarik terkait fenomena memenangkan persaingan dalam bisnis sejuta umat ini. Jika ingin bertahan lama, pebisnis harus terus berpikir kreatif dan memanfaatkan peluang yang ada. Sebagai contoh adalah apa yang dilakukan Jesieca dalam memulai karir dalam dunia bisnis online dengan meluncurkan Soesun. 

Ia menciptakan brand sendiri sebagai pebisnis furnitur untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Pengerjaan produknya pun tak sembarangan, ia menerima pesanan sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen, membuat produk yang dihasilkan Jesieca jelas berbeda dengan apa yang dihasilkan perusahaan furnitur besar, sebut saja IKEA. 

Perusahaan furnitur ini menghasilkan berbagai produk, salah satunya pet furniture dalam skala besar, yang tak selalu dapat memenuhi keinginan khusus dari konsumen yang berbeda satu dengan yang lain.

Foto: Dok. Pribadi
Foto: Dok. Pribadi
Memenuhi kebutuhan konsumen yang unik dan berbeda, membuat bisnis yang digeluti Jesieca menjadi dilirik. Ia mampu menjawab solusi konsumen tentang pet furniture bagi para pecinta hewan. Tak butuh waktu lama, dalam enam bulan peluncuran di market place seperti Tokopedia, Jesieca telah menerima banyak pesanan, tak hanya Kota Medan, bahkan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Jesieca mengaku keberadaan jasa kurir ekspres dan logistik sangat krusial bagi usahanya. "Pet furniture yang dihasilkan Soesun memiliki ukuran yang besar, kita harus berhati-hati terkait pemilihan jasa kurir," terangnya dalam talkshow Kopiwriting JNE bersama Kompasiana pada Kamis, 13 September 2018.