Mohon tunggu...
Musdalifa
Musdalifa Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dampak Adanya Globalisasi Budaya

27 November 2018   22:02 Diperbarui: 27 November 2018   22:06 2141 0 0 Mohon Tunggu...

Globalisasi bertujuan untuk menghilangkan perbedaan dalam segala bidang termasuk budaya. Dengan adanya globalisasi yang disebarluaskan melalui instrument teknologi informasi yang dikontrol oleh Negara-negara maju sehingga Negara yang berkembang menjadi sasaran untuk dipengaruhi lebih tepatnya Negara maju lebih bisa mendominasi lebih bisa memengaruhi dibandingkan dengan Negara berkembang. 

Dengan kemajuan teknologi khususnya dibidang komunikasi dan informasi, penyebaran informasi mengenai kejadian ataupun hal-hal yang sedang dilakukan oleh orang lain baik di Negara sendiri maupun di dunia sangat cepat dan mudah diakses. 

Negara yang memiliki budaya yang cukup menonjol akan banyak diikuti oleh Negara yang lain. Sebab, suatu Negara bisa menjadi sebuah trend karena penyebarannya bisa melalui banyak hal seperti media, internet dan lain lain.

Globalisasi budaya sendiri merupakan suatu proses penyebaran ide atau gagasan serta nilai yang ada pada masyarakat ke masyarakat lain dengan suatu cara yang bisa mempererat suatu hubungan sosial. 

Dengan seiringnya perkembangan teknologi saat ini internet memiliki peran besar dalam penyebaran informasi dan juga sangat berpengaruh terhadap globalisasi budaya sebab semua orang bisa mengakses budaya asing salah satunya budaya barat. Dengan penyebaran suatu budaya akan sangat berdampak pada kehidupan sosial di masyarakat. 

Betapa cepatnya perubahan budaya masyarakat yang disebabkan oleh konsumsi budaya yang didapat melalui media maupun internet yang secara intens karena globalisasi. 

Dengan adanya pengaruh budaya dari luar bisa terlihat dari perilaku, gaya hidup, dan banyak hal lainnya. Budaya globalisasi tanpa disadari akan sangat berpengaruh terhadap pribadi orang-orang dan juga dalam kehidupan sehari harinya.

Globalisasi budaya yang sedang terjadi di berbagai Negara pastinya membawa pengaruh, menurut Sri Suneki bahwa " kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu Negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negative. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideology, sosial budaya dan lain lain. 

Di sisi lain globalisasi menimbulkan berbagai masalah dalam bidang kebudayaan, misalnya hilangnya budaya asli suatu daerah atau suatu Negara, terjadi karena erosi nilai nilai budaya, menurunnya rasa nasionalisme dan patriotism, hilangnya sifat kekeluargaan dan gotong royong, kehilangan kepercayaan diri, gaya hidup yang tidak sesuai dengan adat kita. 

Persoalan lain yang muncul adalah mungkin tak terelakkan masalah terhadap eksistensi kebudayaan daerah, salah satunya adalah terjadinya penurunan rasa cinta terhadap kebudayaan yang merupakan jati diri suatu bangsa, erosi nilai nilai budaya, terjadinya akulturasi budaya yang selanjutnya berkembang menjadi budaya massa. 

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh globalisasi khususnya dalam budaya menimbulkan pengaruh yang negative, norma norma yang terkandung dalam kebudayaan bangsa Indonesia perlahan lahan mulai pudar. Gencarnya serbuan teknologi disertai nilai nilai interinsik yang diberlakukan di dalamnya, telah menimbulkan isu mengenai globalisasi dan pada akhirnya menimbulkan nilai baru tentang kesatuan dunia".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x