Mohon tunggu...
Musa Hasyim
Musa Hasyim Mohon Tunggu... Guru - M Musa Hasyim

Guru PPKn yang suka baca novel kritik sosial dan buku pengembangan diri. Sering menyukai sesuatu secara random.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kasal Cup dalam Kemeriahan HUT Sulawesi Utara, Bentuk Sinergitas TNI AL dengan Masyarakat

4 Desember 2023   14:31 Diperbarui: 4 Desember 2023   14:59 8081
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sinergitas TNI AL dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam HUT Sulawesi Utara ke-59, sumber: Pelopor Wiratama

Berbicara soal TNI AL, hal pertama yang terlintas adalah seruan "Jalesveva Jayamahe". Kalimat yang memiliki arti "Justru di Lautan Kita Menang" atau "Kejayaan Kita Ada di Laut" itu tak sebatas manis di mulut, kalimat sakral tersebut selalu dipraktikkan dalam tindakan oleh TNI AL sebagai benteng terdepan penjaga pertahanan dan keamanan laut NKRI tercinta.

Kita bisa melihat praktik baik tersebut dalam perhelatan akbar peringatan Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.

Pada Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara, TNI AL menunjukkan kebolehannya dengan atraksi yang memukau dari para penerbang mahir TNI AL yang tergabung dalam Skuadron 200 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). Para penerbang yang sudah terlatih ini menampilkan aksi pesawat Bonanza G-36 dengan manuver yang mengagumkan di atas langit Kota Manado.

Masyarakat Sulawesi Utara tampak antusias melihat atraksi dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut sumber: Tni.mil.id
Masyarakat Sulawesi Utara tampak antusias melihat atraksi dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut sumber: Tni.mil.id

Masih berhubungan dengan atraksi di langit, puluhan penerjun dari Prajurit TNI AL dari Komando Pasukan Katak dan Batalyon Intai Amfibi Marinir ikut melayang-layang di udara persis seperti dalam adegan film laga. 

Prajurit TNI AL tersebut menunjukkan kebolehannya dengan terjun free fall sambil membawa bendera TNI AL dan Bendera Merah Putih; sebuah atraksi yang tidak sembarangan orang bisa melakukannya.

Tak hanya atraksi di langit, Prajurit Marinir TNI AL juga menunjukkan keterampilan kolone senapan dengan gerak kombinasi kekompakkan, dan keindahan antara baris berbaris serta memainkan senjata dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Manado. Penampilan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) turut melengkapi kemeriahan Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang diwakilkan oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono menyampaikan rasa bangga dan turut memberikan ucapan selamat atas suksesnya HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke-59. Wakasal mengakhiri sambutan dengan doa dan harapan supaya sinergitas antara TNI AL, TNI, dan Pemerintah Provinsi dapat tetap terjalin dengan baik.

Kasal Cup Sebagai Bentuk Sinergitas antara TNI AL dan Masyarakat

Sebagai negara maritim, lautan menjadi hal yang penting bagi masyarakat Indonesia di mana pulau-pulau disatukan dari Sabang sampai Merauke, pulau-pulau besar dan kecil menjadi satu kesatuan utuh membentuk NKRI.

Semangat maritim perlu digaungkan dengan memanfaatkan potensi lautan di depan kita. Menuju ke tahap itu, TNI AL mengadakan Kasal Cup Water Sport Competition, dan menjadi salah satu agenda penting dalam HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke-59.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun