Mohon tunggu...
Musa Hasyim
Musa Hasyim Mohon Tunggu... M Musa Hasyim

Mahasiswa pascasarjana Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia. Menyukai sesuatu secara random.

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Veronica Koman Kembalikan Dana Beasiswa LPDP, Buat Bayar Denda atau Playing Victim?

16 September 2020   19:28 Diperbarui: 16 September 2020   19:36 74 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Veronica Koman Kembalikan Dana Beasiswa LPDP, Buat Bayar Denda atau Playing Victim?
Tangkapan Layar akun twitter @VeronicaKoman

Isu Veronica Koman kembali hangat diperbincangkan. Kali ini isu itu muncul ketika Veronica Koman berhasil mengumpulkan dana untuk membayar denda atau hukuman kepada lembaga penyalur dana beasiswa bergengsi bernama LPDP.

Beberapa minggu sebelumnya Veronica Koman dianggap telah melanggar peraturan LPDP sehingga dikenakan hukuman untuk mengembalikan biaya yang dulu pernah LPDP bayarkan kepadanya.

Salah satu peraturan yang dilanggar olehnya adalah tidak kembali mengabdi ke Indonesia setelah kuliah di Australia. Di sisi lain, Veronica Koman juga turut serta dalam gerakan pembebasan Papua.

Ada dua sudut pandang dalam masalah ini, yakni Veronica Koman yang katanya membela hak atas ketidakadilan oleh pemerintah Indonesia terhadap warga Papua.

Dan ada pula yang mengatakan bahwa Veronica Koman telah membuat provokasi untuk kepentingan kelompok tertentu supaya Papua bisa lepas dari NKRI.

Entah dari sudut pandang yang mana yang benar, Veronica Koman tetap telah melanggar perjanjian dari LPDP hingga ia harus membayar denda tersebut seperti penerima beasiswa LPDP lainnya yang melanggar karena tidak atau enggan kembali ke Indonesia.

Tapi masalahnya, setelah Veronica Koman berhasil mengumpulkan dana, apakah kasus telah selesai?

Pasalnya, Veronica Koman bersama Tim Solidaritas Rakyat Papua berhasil mengumpulkan dana sebesar 733 juta rupiah. Dana itu didapatkan dari para simpatisan dan orang-orang Papua. Begitu menurut cuitan yang dibagikan oleh Veronica Koman di laman Twitternya.

Veronica Koman juga memperlihatkan sebuah foto uang receh dengan berbagai warna di atas sebuah tikar bambu sambil mengucapkan terima kasih kepada rakyat Papua yang katanya peduli.

Sementara wajah Veronica Koman tidak terlihat di antara puluhan orang Papua dalam foto tersebut. Beberapa simpatisan orang Papua mengatakan bahwa Veronica Koman sedang tidak aman jika berada di Indonesia apalagi ikut serta menyerahkan uang denda kepada LPDP.

Namun kenapa Veronica memilih jalan itu? Menyerahkan uang denda secara langsung yang diwakilkan oleh rakyat Papua? Bukankah bisa dilakukan secara transfer via bank.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN