Mohon tunggu...
Musafar Ukba
Musafar Ukba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anak Desa

Mahasiswa Jurnalistik Membaca menulis berdiskusi Saling menginspirasi dalam kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Harapan dan Usaha Cabor Silat Masuk Olimpiade

28 Juli 2021   22:43 Diperbarui: 28 Juli 2021   22:57 1750 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harapan dan Usaha Cabor Silat Masuk Olimpiade
Gambar via Kompas.com

Pencak Silat Merupakan Seni bela diri asli Indonesia yang diakui UNESCO pada sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019. 

Pada tahun 2018 Pencak Silat untuk pertama kalinya dipertandingkan di Asian games yang dimana Indonesia sebagai tuan rumah.

Cabang olahraga ini jadi tambang medali bagi kontingen Indonesia. Para pesilat Indonesia merebut 14 medali emas dan satu perunggu di Asian Games 2018. Hasil ini membuat Indonesia total meraih 31 emas dan menempati posisi keempat pada klasemen perolehan medali di Asian Games pada waktu itu. 

Olimpiade yang saat ini digelar di Tokyo Jepang sayanganya tidak ada Cabor Silat,karena ada lain hal yang menyebabkan Pencak Silat tidak bisa dipertandingkan. Pencak silat sendiri belum terdaftar dalam cabor eksibisi(tontonan,pameran,Peragaan : KBBI).

Pemerintah menginginkan Cabor Silat ini bisa dipertandingkan di Olimpiade karena Pencak silat ini Olahraga yang menyumbangkan banyak medali emas untuk Indonesia pada Asian games 2018.

Dilansir dari AntaraNews.com,Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan pencak silat dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk ekshibisi Olimpiade 2024 Paris.

"Kami mempunyai target bagaimana pencak silat bisa melakukan ekshibisi di Olimpiade Paris 2024. Insyaallah kami akan dorong untuk masuk ke cabang ekshibisi," kata Menpora Zainudin Amali dalam temu media virtual, Senin.

Berbagai langkah demi mewujudkan ambisi tersebut telah dilakukan. Zainudin mengaku sudah mulai berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi agar membantu mengkampanyekan pencak silat ke berbagai negara. Ia juga meminta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk bergegas melakukan pendekatan kepada National Olympic Committee (NOC) berbagai negara untuk memperkenalkan cabang tersebut.

Catatan terdapat 80 negara anggota National Olympic Committee (NOC) yang mengakui keberadaan pencak silat.

Kemudian dari pengakuan 80 negara anggota NOC itu diteruskan untuk diusulkan kepada Kongres International Olympic Committee (IOC).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN