Mohon tunggu...
Murtiyarini Murtiyarini
Murtiyarini Murtiyarini Mohon Tunggu...

Penulis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Keingintahuan yang Terjawab di Danone Blogger Academy

12 November 2017   12:35 Diperbarui: 10 Agustus 2019   13:51 0 4 2 Mohon Tunggu...
Keingintahuan yang Terjawab di Danone Blogger Academy
Suasana Kelas

40. Mungkin faktor "U" yang membuat energi blogging saya surut.

Mungkin juga karena hiruk pikuk dunia online yang semakin rancu mana fakta mana hoax, dan berujung pada debat berkepanjangan.

Atau karena saat ini blogging lebih dari sekedar menulis. Blogging butuh foto dengan kualitas baik, video kreatif, hingga desain blog yang kian profesional.  Rasa-rasanya, saya tidak akan sempat mempelajari tetek-bengek blog yang semakin banyak.

Sementara saya hanya mengandalkan konten, yang mengandalkan olah ide dan kata. Saya pun masuk pada fase 'pasrah' menyiapkan diri untuk pensiun ngeblog. Ya sudah, simpan saja daftar link blog-blog saya untuk dibagikan kepada anak-anak. Ya barangkali saja kelak dewasa mereka ingin membacanya. Saya lelah.

Seiring fase tersebut, Kompasiana semakin sering saya sambangi. Di sana ide dan konten masih menjadi raja. Hingga suatu hari saya membaca pengumuman seleksi Danone Blogger Academy. Wah, apa ini? Rupanya semacam pelatihan selama kurang lebih satu bulan yang terdiri dari akademi menulis online dan offline, visit lapang dan pengerjaan proyek tugas akhir. Yang terlintas pertama adalah, ini menarik karena ada jalan-jalannya ke Pabrik Danone di Klaten. Ya, saya memang butuh banyak piknik.

Lebih dari itu, materi yang akan diberikan dalam Danone Blogger Academy adalah tentang menulis kesehatan, membedakan fakta atau hoax, cara menulis kreatif dengan story telling, belajar membuat vlog dan fotografi. Wah, semua yang saya butuhkan untuk bangkit ngeblog ada di sana. Dan entah kenapa, yang biasanya saya mikir lama untuk mengikuti sebuah workhsop, apalagi yang butuh komitmen kehadiran, tapi tangan saya spontan saja mengisi formulir pendaftaran tepat pada hari terakhir deadline.

Singkat cerita, saya terpilih sebagai 1 dari 20 peserta Danone Blogger Academy. Acara ini adalah kerjasama Danone Indonesia dengan menggandeng Kompasiana. November tanggal 3,4 dan 11 tahun 2017 saya hadir dalam kelas akademi menulis yang diselenggarakan di Danone Academy, Cyber 2 Tower di kawasan Kuningan Jakarta.

Jadi, Danone Blogger Academy ini adalah perpaduan antara upgrade kemampuan blogging dan pengetahuan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta meningkatkan kemampuan jurnalistik agar para blogger dapat menuliskan informasi mengenai kesehatan dengan mendalam.

Keingintahuan yang terjawab.

Saya itu aslinya pendiam, nggak banyak tanya. Kadang saya merasa sudah cukup puas dengan membaca. Tapi kali ini lain, selama pelatihan Danone Blogger Academy banyak sekali pertanyaan-pertanyaan spontan yang saya sampaikan.

Saya mencatat materi dalam dua kelompok besar, yaitu ilmu kesehatan dan ilmu blogging. Kesemua materi disampaikan oleh narasumber yang memang kompeten di bidangnya. Saya salut pada pemilihan narasumber ini. Selain kompeten, beliau-beliau mau menjawab dengan tuntas setiap keingintahuan peserta. Ini yang membuat saya terkesan. Cara penyampaiannya juga sangat mudah dicerna. Pemilihan topik yang fokus dan mengena sehingga kami bisa mendalaminya lebih baik. Selama 3 hari pertemuan ini saya juga menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang selama ini tersimpan di kepala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x