Mohon tunggu...
Murni
Murni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Fisika

UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Optimalisasi Peran PJ (Parent Job) dalam Pembentukan Keterampilan Anak

11 September 2021   14:32 Diperbarui: 11 September 2021   14:36 160 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Orang tua merupakan proses yang sangat penting dalam pembentukan keterampilan anak agar menjadi lebih baik dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain seperti keluarga, masyarakat, instansi, nusa dan bangsa. 

Saat ini anak-anak yang berusia lebih dari 3 bulan dibiarkan oleh orang tuanya untuk diasuh oleh baby sister. Hal ini menjadikan anak-anak menjadi lebih jauh dari orang tua dan seiring berjalannya waktu anak akan lebih dekat kepada baby sister

Alasan orang tua yang paling umum adalah bekerja full time dari jam 07.00 hingga sore jam 16.00. Anak dapat bersama orang tuanya ketika waktu malam dan waktu ini tidak membuat lama saat bermain dan hanya berlangsung beberapa jam saja, kemudian melanjutkan istirahat untuk bangun di pagi hari yang sehat dan melanjutkan aktivitas.

Pendidikan yang paling dasar dimulai dari orang tua di lingkungan keluarga, karena keluarga sangat dekat dengan anak-anak. Namun, jika anak-anak tidak belajar dari orang tua mereka tidak akan memperoleh keterampilan dan cenderung tidak memiliki keterampilan ketika mereka sekolah. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lestari, (2012) bahwa pola asuh orang tua dapat membuat anak menjadi lebih kreatif dalam pertumbuhan.

Pendidikan yang diajarkan oleh orang tua, secara tepat akan membuat anak meniru apa yang telah diajarkan. Dari penelitian yang dilakukan oleh Fitria, (2016) bahwa sifat anak tidak ada yang turun-temurun, melainkan tergantung apa yang diajarkan kepada mereka, apabila orang tua mengajarkan kebaikan maka akan tumbuh menjadi anak yang baik dan hal ini berlaku kebalikannya. 

Orang tua seharusnya dalam keadaan sibuk tetap menjaga dan mendidik anaknya dengan baik. Hal ini tidak boleh terpengaruh dari pekerjaan. Meskipun pekerjaan adalah hal yang penting dalam kehidupan, tetapi mendidik anak agar memiliki keterampilan menjadi lebih penting.

Hubungan antara keluarga dan anak harus diutamakan karena anak akan melakukan apa yang mereka lihat tanpa berpikir apapun. Ketika anak beranjak dewasa mereka sudah dapat membedakan yang baik dan buruk bagi diri mereka, namun ketika masih kecil hal ini belum terpikirkan. 

Orang tua perlu menanamkan adat istiadat dalam keluarga agar mengetahui adat yang ada di lingkungan dan akan membuat mereka menjadi lebih mengetahui tentang sosial. 

Orang tua pasti memiliki harapan yang baik bagi anaknya, namun hal ini tidak akan terjadi apabila orang tua diam saja atau tidak melakukan perubahan menuju kebaikan.

Menurut penelitian dari Ruli, (2020) bahwa orang tua perlu menanamkan keimanan terhadap jiwa anak agar mereka dapat menyesuaikan kehidupan bersama dalam lingkungan masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan