Mohon tunggu...
Humaniora

Sosialisasi Program bersama Karang Taruna Desa Munggangsari

21 Februari 2019   11:00 Diperbarui: 21 Februari 2019   11:13 37 0 0 Mohon Tunggu...

Pada hari jumat (18/01) Tim I KKN Undip 2019 diundang untuk mengikuti kegiatan Laporan Pertanggungjawaban Pengelola UED SP "Munggangsari" yang didirikan pada tahun 1997 dengan jenis usaha Simpan Pinjam. Kegiatan diadakan di Balai Desa Munggangsari dengan undangan 50 orang. Kegiatan dimulai dengan sambutan Ketua UED SP dan Kepala Desa Munggangsari. Setelah itu pengurus membacakan laporan keuangan dan neraca, kemudia disusul dengan penyampaian RAB UED SP "Munggangsari" tahun 2019.

 Setelah pemaparan, masyaratkan Desa Munggangsari yang menghadiri Laporan Pertanggungjawaban dipersilahkan untuk bertanya dan menanggapi laporan tersebut. Kegiatan berlanggung dengan cepat dan kondusif serta diharapkan dapat memajukan UED SP "Munggangsari" lebih baik lagi di tahun 2019 ini guna untuk meningkatkan dampak positifnya untuk warga Desa Munggangsari.

Pada hari sabtu (19/01) Tim I KKN Undip memiliki 2 agenda di waktu yang bersamaan namun berbeda tempat, kami memutuskan untuk membagi tim menjadi 2 agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dan sekaligus untuk menghargai undangan dari warga desa. 

Adapun kegiatan yang kami ikuti adalah acara rapat mingguan forum pemuda-pemudi dusun desa Munggangsari atau yang biasa disebut "selapanan".

 Pada dasarnya setiap dusun memiliki forum atau komunitas pemuda-pemudi masing-masing, setiap forum atau komunitas ini memiliki struktur organisasi sendiri namun komunitas ini tetap berada dibawah naungan karang taruna desa. 

Pada acara selapanan ini miliki pembahasan kegiatan yang akan dilakukan komunitas dusun mandiri terlepas dari karang taruna desa. Contoh kegiatan komunitas pemuda-pemudi desa seperti pembuatan kalender dusun,persewaan baju untuk kesenian sinoman, pelatihan pembuatan plafon dan panitia lomba desa.

Untuk acara selapanan pada hari ini dilaksanankan oleh dua dusun, yaitu dusun Logede dengan komunitas bernama FORMAL dan dusun Mendongan dengan komunitas bernama GERAM. Komunitas GERAM memiliki projek untuk persewaan baju atau kostum kesenian sinoman yang nantinya akan disewakan ke setiap desa-desa terdekat maupun desa Munggangsari itu sendiri. 

Sedangkan komunitas FORMAL memfokuskan diri untuk mempersiapkan lomba desa yang akan diselenggarkan pada bulan maret. Selain membahas kegiatan komunitas, pada acara selapanan tersebut kami juga diberikan sambutan oleh pada pemuda-pemudi yang tentunya mengharapkan akan kehadiran kami dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat khususnya bagi para pemuda-pemudi dan umumya terhadap desa Munggangsari sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x