Mohon tunggu...
Muna Pertiwi
Muna Pertiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ada

"Kenangan itu seperti angin"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bergaullah di Lingkungan yang Positif Vibes

1 Oktober 2022   06:06 Diperbarui: 1 Oktober 2022   06:13 73 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Di dalam kehidupan manusia tidak terlepas pada lingkungan sekitar baik itu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Manusia lahir dengan segala fitrah bagaikan buku yang belum tertulis oleh pena bersih namun, ketika ia hidup di dunia itu akan dipengaruhi oleh lingkungan. Dengan demikian kita sebagai manusia yang bersosial harus bergaul dengan lingkungan yang mempunyai positive vibes atau yang memberikan pengaruh baik terhadap kita salah satunya yaitu dengan bergaul dengan teman-teman yang sholeh ataupun taat dalam beragama.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda seseorang yang duduk ( berteman )dengan orang sholeh dan orang yang buruk, bagaikan berteman dengan pemilik Minyak Wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikan mu, engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya titip Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak menepati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak sedap.(H.R. Imam Bukhori).

Manfaat atau hikmah yang dapat kita ambil atau pun kita rasakan dalam bergaul dengan lingkungan yang positif salah satunya yaitu akan mengingatkan kita apabila kita berada di jalan yang salah, sebagai motivasi untuk kita dalam melakukan kebaikan, menambah wawasan karena bergaul dengan teman yang baik dan sholeh sholehah itu selalu mendiskusikan kan hal-hal yang positif baik itu tentang agama, pelajaran, pendidikan dan lain sebagainya, dan selanjutnya dengan berteman dengan orang-orang yang baik kita pun akan terhindar dari maksiat yang dilarang oleh agama maupun hukum dan norma-norma dalam kehidupan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan