Mohon tunggu...
Munandar arist
Munandar arist Mohon Tunggu... Mahasiswa STAIN TDM

cerdas memberi informasi untuk umat.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

"Ta Bangun Gampong Kateunte Maju Kota", Ring Road Antong-Langoo Memperlancar Roda Perekonomian

13 Juli 2020   17:10 Diperbarui: 13 Juli 2020   17:01 12 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Ta Bangun Gampong Kateunte Maju Kota", Ring Road Antong-Langoo Memperlancar Roda Perekonomian
fhoto by RRi Meulaboh .

Masih ingatkah anda dengan slogan "Ta bangun Gampong Ka teunte Maju Kota" ya benar , itu adalah sepenggal kalimat yang di populerkan oleh bupati Aceh Barat H.Ramli M.s pada masa periode pemerintahan 2007-2012, disanalah awal muncul inistiatif dan impian besar untuk membangun desa hingga ke kota sebagai terobosan dalam mempermudah lintas ekonomi di kabupaten Aceh Barat.

walaupun tersandung hasil politik 2012 , tiba dimasa pemerintahannya 2017-2022 , program yang sempat tertunda itupun kembali dilanjutkan Pembangunan Ring Road menuju Aceh Barat Hebat. Ring road atau jalan lingkar tembus merupakan infranstrukur yang penting dalam menghubungkan desa desa yang satu dengan desa desa yang lainnya di Aceh Barat.

Kabar baiknya Pemkab Aceh Barat diketahui sedang melanjutkan penyelesaian pembukaan Ring Road baru yang menghubungkan Desa Antong kecamatan Panton Reu dengan desa Langoo, kecamatan Pante ceureumeun. Jumiadi sebagai Warga desa Langoo , kecamatan Pante Ceureumeun menilai "pembangunan Ring Road desa Anton-Langoo merupakan cara solutif, solutif dalam membangun ekonomi masyarakat karna mengingat mayoritas desa Pante dan desa lainnya ini ialah sebagai petani dan juga pedagang kebutuhan kebutuhan pokok , dengan ada jalur lintas ini sudah mempermudah akses dagang, karna hasil tani mereka inilah sebagai penyokong ekonomi di Aceh barat ini".

Data yang dirilis dinas PUPR(Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) Kabupaten Aceh Barat, bahwa realisasi pembangunan fisik Ring Road sepanjang 153,85 Km dengan 15 lokasi Ruas pekerjaan sudah Hampir tuntas dikerjakan , sudah teraspal sepanjang 106,96 Km dan 46,89 Km masih dalam proses pengaspalan termasuk 1 ruas jalan yang belum tembus sepanjang 9,07 Km akan segera dituntaskan sebelum berakhir masa pemerintahan Bupati Ramli M.s.

"dikerjakan Tahun ini dalam kegiatan TNI manunggal membangun desa (TMMD) Kodim 0105/Aceh Barat menghubungkan akses jalan sekitar 10 Km menghubungkan kecamatan Pante Ceureumeun dan Panton Reu , kata kadis PUPR Aceh Barat Dr.Kurdi,ST,MT.

Ditargetkan pembangunan Ring Road ini sudah selesai pada tahun 2022 mendatang , dengan demikian akses jalur baru multifungsional ini akan meningkatkan semangat baru bagi masyarakat dan unsur pimpinan daerah Aceh barat untuk bersinergi dalam menggerakkan roda perekonomian Aceh Barat .

Bila kita ingin melihat jalan Ring Road tersebut , kita bisa mengawali perjalanan dari kecamatan Meurebo melintasi kecamatan Kawai XVI , yang nantinya akan tembus memasuki kecamatan Pante Ceureumeun , bersambung ke Kecamatan Panton Reu , dari jalan Ring Road inilah kita akan terarah memasuki kecamatan Sungai Mas dan Woyla hingga kecamatan Arongan Lambalek.

Dengan demikian jalur transportasi 9 Kecamatan Aceh Barat dapat dilintasi secara tersambung , karena bupati Aceh Barat H.Ramli M.s menginkan  pembangunan dimulai dari desa , Apabila desa sudah maju kota pun akan ikut maju".


Nantinya Masyarakat disepanjang jalan Ring Road sudah dapat membawa semua hasil produksi ke pasar-pasar dengan jalur perjalanan yang lebih baik dan sudah terpangkas jaraknya, maka biaya pengeluaranpun akan menurun, dan keuntungan akan dirasakan , begitu pula dengan kota akan semakin ramai sebagai jalur perdagangan,  warga dari pedalaman akan datang untuk berbelanja.
Dengan demikian tidak akan adanya lagi kesenjangan ekonomi , inilah bukti dari "Tabangun Gampong Kateunte maju kota".

VIDEO PILIHAN