Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

DPMK Rilis Status Indeks Pembangunan Desa Kabupaten Berau

29 Maret 2020   19:06 Diperbarui: 29 Maret 2020   19:03 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
DPMK Rilis Status Indeks Pembangunan Desa Kabupaten Berau
Bupati Muharram. Tribun Kaltim.

Pada akhir 2019 lalu, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah merilis status indeks pembangunan tingkat desa, provinsi dan kabupaten (IDM) di tingkat provinsi. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh kabupaten Berau, itu termasuk dalam kategori berkembang dengan sebelas kabupaten berkembang dan dua di status maju. IDM dibentuk pada tiga indeks, yaitu: indeks keamanan ekonomi, ekologi, dan jaminan sosial.

Di wilayah Berau, 55 desa termasuk dalam kategori berkembang. Selebihnya, ada 23 desa yang berstatus maju dan satu telah menuju status desa mandiri, meski masih ada dua puluh desa yang tertinggal. Pemerintah kabupaten sendiri optimis bahwa desa akan mengejar ketinggalan.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMK) Berau, dari beberapa IDM yang dihadirkan, kabupaten Berau hanya berjarak beberapa poin saja dari pencapaian status pembangunan. Rendahnya indeks ekonomi di desa-desa yang masih tertinggal memotivasi DPMK untuk mempromosikan program pemberdayaan ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMK).

Menurut DPMK, pencapaian ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah kabupaten Berau untuk memprioritaskan pembangunan desa, yang tentu saja ditambahkan dari pencairan dana desa dari pemerintah pusat. Selain itu, faktor pertumbuhan yang cepat ini juga tidak terlepas dari bantuan Sigap Sejahtera yang selalu memberikan bantuan kepada warga desa. Pemerintah kabupaten dan DPMK akan terus mendorong pertumbuhan desa sehingga tidak ada lagi desa yang tertinggal di masa depan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x