Mohon tunggu...
Munawaroh N K
Munawaroh N K Mohon Tunggu... Pelajar

KKN UNS COVID-19 2020

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS 'Gerakan Klodran Waspada COVID-19'

7 Juli 2020   15:19 Diperbarui: 7 Juli 2020   19:34 23 1 0 Mohon Tunggu...

Surakarta (16/07/2020), Pandemi COVID-19 mengubah berbagai aspek kehidupan. Tak hanya kesehatan dan perekonomian, pendidikan pun juga terkena dampaknya. Meski demikian, tak berarti pendidikan lantas macet karena pandemi COVID-19. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret yang mengadakan KKN Era COVID-19 yang berlokasi di desa masing-masing tempat tinggal mahasiswa.

Salah satu mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Munawaroh Nadziratul Khusna, telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ini di wilayah tempat tinggalnya, yaitu di Desa Klodran RT 01/04 Colomadu Karanganyar. Dengan mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19", Muna (20), telah melaksanakan beberapa program kerja antara lain:

  • Membuat dan membagikan masker kain dan handsanitizer kepada masyarakat sekitar
  • Membuat dan memasang poster serta spanduk/banner ¬†tentang pemahaman COVID-19
  • Menyebarluaskan informasi terkait pencegahan COVID-19 media sosial yaitu Instagram dan WhatsApp
  • Pemberian arahan tentang cara penanaman apotek hidup
  • Pembuatan Media Cuci Tangan

Kegiatan diatas dilaksanakan selama 45 hari mulai dari tanggal 15 Mei-30 Juni 2020. Kegiatan KKN tersebut telah terlaksana dengan baik guna dapat menyadarkan dan menertibkan perilaku dan pola pikir dari kaum muda maupun dewasa agar lebih peka terhadap COVID-19. Selain itu dengan menyebarluaskan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan COVID-19 mampu meningkatkan dan mengubah pola pikir atau perilaku masyarakat yang selama ini salah, dan agar masyarakat dapat berpartisipasi penuh dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

VIDEO PILIHAN