Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 085881125448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Berbagi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Daftar Akun LTMPT, Baca Dulu Ya

4 Desember 2019   23:56 Diperbarui: 4 Desember 2019   23:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Daftar Akun LTMPT, Baca Dulu Ya
Sumber: screenshoot portal.ltmpt.ac.id

Untuk masuk Lembaga Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) saat ini wajib mempunyai akun terlebih dahulu. Beda banget dengan zaman kita-kita ya kawan Kompasiana, zaman semakin canggih sekarang.  Oke bagi adik-adik yang ingin  mendaftar perguruan tinggi dengan jalur membuat akun LTMPT bisa baca dahulu cara-caranya. Dalam pembuatan akun tersebut ada dua cara, ada dari pihak sekolah atau langsung dari siswa. Biasakan Pelajari dahulu sebelum mencoba ya adik...

Sumber: screenshoot portal.ltmpt.ac.id
Sumber: screenshoot portal.ltmpt.ac.id
Dalam laman pendaftaran akun LPMPT teesebut disediakan dua pilihan register. Pertama ada register akun sekolah yang memasukan kombinasi NPSN dan Kode Registrasi Dapodik atau EMIS. NPSN adalah Nomor Pokok Statis Nadional dari lembaga sekolah. Registrasi Dapodik/EMIS adalah semacam kode yang menunjukan nomor lembaga tersebut saat instal aplikasi dapOdik atau EMIS. Dapodik berada di bawah naungan Kemendikbud dan EMIS dibawah naungan Kemenag. Jadi adik-adik tidak bisa membuat akun LPMPT melalui jalur ini. Ini hanya bisa dilakukan lembaga sekolah melalui operator sekolah. Akun ini mungkin digunakan untuk pendaftaran kolektif melalui lembaga sekolah.

Sumber: screenshoot portal.ltmpt.ac.id
Sumber: screenshoot portal.ltmpt.ac.id
Untuk adik-adik menggunakan akun siswa di LPMPT dengan cara memasukanNISN, NPSN dan tanggal lahir. NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang wajib dimiliki siswa. 

Bagaimana cara mengetahuinya? Adik-adik bisa minta pada bapak ibu guru atau operator sekolah, bisa juga cek online pada laman NISN. NPSN juga bisa minta pada sekolah karena semua sekolah pasti mempunyai nomor NPSN. 

Dan satu lagi  masukan tanggal lahir, ikuti format yang ada pada kolom pembuatan akun LPMPT tersebut. Format tanggal lahir dd/mm/yyyy maksudnya adalah tanggal lahir, bulan dan tahun lahir. 

Untuk membuat akun dan melakukan pendaftaran usahakan dengan jaringan yang ful agar mudah melakukan loginnya. Selamat mencoba dan semoga sukses masuk perguruan tinggi sesuai pilihan adik-adik.

VIDEO PILIHAN