Mohon tunggu...
Mulyawati Hani Savitri
Mulyawati Hani Savitri Mohon Tunggu... mahasiswa

mohon maaf bila ada salah

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemi

19 Juni 2021   13:00 Diperbarui: 19 Juni 2021   13:21 36 2 0 Mohon Tunggu...

Bogor- Beberapa jalur pendakian gunung di Indonesia khususnya pulau jawa sudah mulai dibuka. Hal ini merupakan angin segar untuk para penggiat alam yang sudah mulai penat dengan aktivitas dikota. Berikut beberapa tips aman yang bisa traveler coba saat mendaki gunung di masa pandemi.

Berkenaan dengan relaksasi pandemic covid-19, kembali beraktivitas di alam bebas seperti mendaki gunung, setelah lama berdiam di rumah tentu membutuhkan persiapan awal yang matang.

Untuk itu, seorang penggiat alam Sandi Gunawan yang lahir di Bandung, 30 September 2000 yang sudah menjelajah gunung di Indonesia berbagi tips bagi para traveler yang ingin mendaki gunung. Berikut rangkumannya, Sabtu (19/06/2021)

1. Siapkan mental

Mental yang siap sudah berarti kuat juga dibutuhkan agar pendaki bisa menghadapi berbagai tantangan dan treck selama pendakian seperti kejadian yang tidak diinginkan misal terpisah dari rombongan atau tersesat.

“maka dari itu setiap pendaki harus dibekali dengan ilmu yang cukup demi bertahan hidup di alam bebas jika terjadi hal yang tidak diinginkan” jelasnya.

2. Tubuh dalam kondisi yang prima

Ada baiknya untuk membiasakan diri berolahraga ringan sebelum memulai pendakian. Berjalan kaki setiap pagi atau jogging untuk meregangkan otot-otot kaki yang kaku. Ukur jarak yang mampu ditempuh untuk simulasi kemampuan mendaki.

3. Siapkan logistik (kebutuhan selama pendakian)

Sandi mengatakan, setiap pendaki harus membawa bekal dan minuman pribadi, jangan bergantung pada logistik kelompok. Sebab jika terpisah dari kelompok maka kita memiliki persediaan makanan di tas kita sendiri. Bekal seperti air minum harus cukup, karna tidak semua gunung memiliki sumber air yang memadai

Makanan yang dibawa mendaki gunung juga di usahakan makanan yang praktis namun memiliki kalori yang tinggi. Siapkan pula gula merah, madu, coklat, atau minuman manis lainnya yang bisa membantu pendaki untuk mendapatkan energi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN