Mohon tunggu...
Gerri Mulyawandry
Gerri Mulyawandry Mohon Tunggu...

Pustakawan

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Memanfaatkan Akses Internet di Taman Baca

27 November 2014   22:41 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:40 41 0 1 Mohon Tunggu...


Sebaik-baiknya orang adalah bermanfaat bagi orang banyak.

Siapa yang dapat menyangsikan pernyataan tersebut? Tatkala seseorang memberikan bantuan pada orang lain, sudah dipastikan amalan yang baik sebagai balasannya. Selaras seperti energi positif, menghasilkan nilai yang positif pula.

Setiap orang tentunya ingin melakukan sesuatu yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Kemudian saya mulai merenung, apa yang selama ini sudah saya perbuat untuk orang lain dalam lingkup yang lebih luas? Sebab untuk diri sendiri sudah pasti pernah melakukannya, karena hasilnya berdampak langsung.

Terkait hal tersebut, andaikata saya menerima paket internet unlimited secara gratis selama setahun penuh, tanpa berpikir panjang akan saya gunakan untuk kegiatan sosial. Bagi orang seperti saya ini yang tinggal di perkotaan, sudah terbiasa dengan akses informasi dan teknologi yang mudah didapat dan dijangkau. Alangkah baiknya bila saya bagikan manfaat tersebut kepada orang lain yang lebih membutuhkan, yang tidak seberuntung saya. Meski terbilang kecil, namun setidaknya saya sudah pernah berbuat hal yang bernilai seumur hidup saya.

Kemudian saya teringat pada teman saya yang sedang giat membangun taman baca. Namanya BerkawanID, sebuah komunitas yang fokus terhadap minat baca pada anak-anak dan menjadi sarana alternatif edukasi dan hiburan bagi anak-anak melalui penyediaan berbagai macam koleksi buku. Selain menetap di karang taruna RT (Rukun Tetangga), BerkawanID juga berkeliling ke berbagai tempat untuk mengampiri sekumpulan anak-anak di tempat umum, semata-mata agar lebih bisa menyebar ke berbagai tempat dan anak-anak yang ada di sekitar Kota Bogor, dengan begitu membuka kesempatan anak-anak lainnya untuk bisa memanfaatkan taman baca. Sesekali BerkawanID juga menyisipkan hiburan musik akustik untuk menarik minat anak-anak.

Lalu saya mempunyai ide, alangkah baiknya bila paket unlimited internet secara cuma-cuma ini dipakai untuk mendukung kegiatan komunitas tersebut. Seperti beberapa hal berikut:

Unduh E-Book

Saat ini sudah banyak beberapa penerbit yang mengeluarkan koleksi cetak bukunya dikonversikan ke bentuk digital. Tentunya tidak sembarang unduh, yang jelas harus mengedepankan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dengan memilih sumber yang memang sudah resmi dapat diunduh secara bebas dan juga di seleksi mana muatan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Kemudian hasil dari unduhan tersebut bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk dibaca di perangkat komputer, Laptop atau Tablet yang dimiliki beberapa relawan di komunitas. Selain itu, bisa juga membacakan story telling kepada anak-anak.

Hal ini sangat berguna, mengingat taman baca hanya mengandalkan hibah buku dari para donatur yang tidak setiap saat memberikannya secara berkala. Dengan kata lain, mengisi kekosongan bilamana dalam beberapa waktu yang lama tidak juga mendapatkan buku baru. Selain itu, bisa juga mengurangi energi para relawan untuk perawatan buku dan menghemat ruang untuk menyimpan koleksi buku yang suatu saat akan bertambah.

Browsing sehat

Zaman sekarang, bukan lagi jamannya anak-anak gaptek (gagap teknologi). Lihat saja diperkotaan, mulai dari anak SD (Sekolah Dasar) sudah nangkring di rental komputer bermain game online dan mengakses internet. Tentunya bila dibiarkan saja dan tidak ada upaya untuk mengalihkannya, akan berdampak buruk bagi anak-anak. Apalagi si penyedia jasa rental lebih mengutamakan keuntungan daripada mengedepankan nilai-nilai positif. Maka itu, akan sangat bijaksana bilamana mengalihkan anak-anak tersebut untuk disediakan internet sehat, tentunya dengan pengawasan relawan di komunitas. Dengan bermodalkan paket internet, kartu SIM bisa dimasukkan ke router agar bisa digunakan akses WiFi ke perangkat komputer dan diarahkan ke laman-laman yang bermanfaat.

Disamping sebagai alternatif wahana bermain mereka dengan mengakses internet, bisa juga disisipkan nilai-nilai edukasi dimana selain bermain mereka juga belajar. Seperti contoh membuka aplikasi yang terhubung internet untuk percakapan video. Misalkan kita hubungkan dengan orang-orang diluar sana yg berada jauh dari kita untuk belajar bahasa daerah dan bahasa asing dari suatu negara dengan lawan bicara. Tentunya sebelum itu, dibuatkan perjanjian dulu dengan lawan bicara agar berjalan sebagaimana mestinya.

Nonton Film Bareng (Streaming)

Agar menarik minat anak-anak diperlukan strategi yang tepat. Bila awalnya ditawarkan dengan hal-hal yang serius makan dipastikan anak-anak tidak akan tertarik. Maka dari itu, unsur hiburan pun penting dimasukkan ke dalam agenda kegiatan, misalkan nonton film bareng (streaming). Dengan media film diharapkan anak-anak menjadi tertarik dan dapat mengambil hal-hal positif dari film tersebut. Sebab sumber yang bernilai baik tidak hanya dari literatur saja, namun juga dari visual yang bisa lebih mudah dimengerti.

Online Shop

Selain memberikan bekal yang bermanfaat kepada anak-anak lewat literatur yang dimiliki taman baca, tentunya akan lebih sempurna bila kita bisa memberdayakannya agar menjadi anak-anak yang produktif yang berguna bagi dirinya sendiri. Di BerkawanID tidak hanya menyediakan buku saja, tetapi juga ada kegiatan membuat kerajinan tangan. Kedepan, hasil-hasil dari kerajinan tangan ini tentunya harus memberikan nilai produktif yakni dengan menjualnya di laman online. Kemudian hasil dari penjualan bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan komunitas dalam menambah koleksi buku dan biaya operasional serta memberikan keuntungan finansial juga bagi anak-anak yang berkontribusi dalam membuat berbagai kerajinan tangan.



Suatu masa depan bangsa bukan sepenuhnya berada di tangan seorang pemimpin yang sedang berkuasa, namun ada pada generasi mudanya. Sebab tongkat estafet perjalanan suatu bangsa nantinya akan diberikan kepada para generasi muda yang harus melanjutkannya, sebagaimana yang telah diamanahkan oleh Founding Fathers kita. Maka itu, diharapkan dengan membentuk karakter anak-anak sejak dini akan berpengaruh besar terhadap kemajuan bangsa, khususnya dalam hal ini melalui pemanfaatan media internet untuk mencerdaskan anak bangsa lewat kegiatan di taman baca.

VIDEO PILIHAN