Mohon tunggu...
Muksal Mina
Muksal Mina Mohon Tunggu... Candu Bola, Hasrat Pendidik

Be a teacher? Be awakener

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

La Liga Dimulai, Akankah Barca Ambyar?

11 Juni 2020   07:30 Diperbarui: 12 Juni 2020   18:51 181 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
La Liga Dimulai, Akankah Barca Ambyar?
Penyerang Barcelona, Lionel Messi. (Foto: David Ramirez/AFP via Kompas.com)

La Liga segera dimulai! Jum'at dinihari (12/06/2020), kompetisi kasta tertinggi di Spanyol, La Liga Santander akan resmi dimulai kembali, setelah diberhentikan sejak Maret, terkait dengan penanganan pandemic COVID-19 yang cukup parah negeri itu.

Dalam kurun lebih kurang satu bulan setengah, La Liga akan menggelar sisa pertandingan yang tertunda. Kompetisi ditargetkan untuk tuntas pada 20 Juli 2020. 

Sejauh ini, tim-tim La Liga telah melakoni 27 pertandingan. Maka sisa 11 pertandingan akan diselesaikan dalam satu bulan setengah. Wow, luar biasa padat.

Normalnya, satu tim akan menjalani 4-5 pertandingan dalam satu bulan. Dengan rincian, satu pertandingan liga di tiap akhir pekan, dan terkadang satu di tengah pekan untuk tim yang bermain di eropa atau kompetisi lokal semisal Copa del Rey.

Dengan jadwal seperti sekarang, maka setiap tim akan bermain 5 kali pada bulan Juni, dan 6 kali pada bulan Juli. Belum menghitung kompetisi Liga Champion dan Copa del Rey yang sampai sekarang belum ada keputusan kapan akan dimulai kembali.

Hal yang paling dikhawatirkan dari jadwal yang padat adalah cidera mengintai. Bermain setiap tiga hari akan meningkatkan resiko pemain untuk cidera. Apalagi bila yang cidera adalah pemain kunci. Bisa kacau!

Maka, mulus tidaknya sebuah tim melalui jadwal padat akan bergantung kepada kepiawaian pelatih untuk mengatur menit bermain para punggawanya.

Bagaimana pimpinan klasemen, FC Barcelona, menjaga ritme menuju gelar juara dengan jadwal padat ala musim panemi? Mungkin lebih tepatnya, bagaimana Barca menjaga sang bintang, Lionel Messi agar tak cidera, sekaligus menjaga kans juara.

Lionel Messi beraksi di el Classico . sumber foto : www.fcbarcelona.com
Lionel Messi beraksi di el Classico . sumber foto : www.fcbarcelona.com
Mengapa Messi?

Jumlah pemain tim utama Barca saat ini adalah 20 pemain (bandingkan dengan sang rival, Madrid, yang mendaftarkan 25 pemain utama). Tergolong tipis, dari angka 25 pemain yang biasanya menjadi standar. Angka itu sudah berkurang dengan cederanya Ousmane Dembele (cidera hamstring, diprediksi pulih Agustus 2020).

Sisa 19 pemain, hanya tersedia lima penyerang (Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Martin Braithwaite dan Ansu Fati). Mengingat kebiasaan Barca bermain dengan tiga penyerang, maka keberadaan lima penyerang, termasuk didalamnya satu penyerang minim pengalaman (Fati), dan satu pemain yang baru bergabung di musim dingin (Braithwaite), Quique Setien tentu pusing menjaga kapal agar tak oleng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x