Mohon tunggu...
muji winarsih
muji winarsih Mohon Tunggu... Mahasiswa di universitas Terbuka Program Studi Ilmu Hukum

niat, doa dan usaha

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memaknai Pancasila

2 Juni 2020   11:48 Diperbarui: 2 Juni 2020   11:47 8 3 1 Mohon Tunggu...

pancasila adalah lambang negara Indonesia yang kita cintai. pancasila melambangkan bahwa perbedaan tidak untuk terpecah belah, namun untuk bersatu, bahu membahu menciptakan indonesian yang Bhineka Tunggal Ika. beragam suku dan budaya ada pada bumi pertiwi Indonesia, indonesia yang kuat adalah indonesia yang siap dengan segala tantangan dan resiko yang ada di depan untuk mewujudkan negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

ke lima sila yang terdapat pada pancasila memiliki maknanya tersendiri, pada sila ke lima "keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia" memiliki makna bahwa setiap warga indonesia memiliki hak yang sama, baik hak besosial, hak untuk sehat dan hak untuk mengemukakan pendapat.

negara yang adil adalah negara yang mau menampung aspirasi dari masyarakat, karena negara terbentuk oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat. apa pun agama dan suku yang dianut, semua sama se pancasila. pancasila sudah m,endarah daging dalam setiap jiwa rakyat indonesia. pancasila lahir dari darah - darah para pejuang yang sangat gigih dan mencintai bangsa nya. 

sampai saat ini, pancasila harus selalu menjadi pedoman setiap warga indonesia dimana pun keberadaannya. bukan untuk angkuh dan merasa memiliki pancasila, namun kembali pada setiap sila yang ada dan memaknai nya dengan benar, lalu menerapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

tidak akan ada indonesia jika tidak ada pancasila yang menyatukan berbagai perbedaan dari sabang sampai merauke. semua menyatu, bersatu dan selalu dilandasi dengan pancasila. 

VIDEO PILIHAN