Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Fadhilah Nisyfu Sya'ban

19 April 2019   15:55 Diperbarui: 19 April 2019   21:06 0 2 2 Mohon Tunggu...
Fadhilah Nisyfu Sya'ban
Sumber: nu.or.id

Malam nisyfu Sya'ban yaitu malam pertengahan bulan yang akan bertepatan pada hari Sabtu malam Minggu ini, yaitu 20 April 2019. Pada malam ini semua umat Islam di manapun mereka bertempat tinggal, menjadikan momen malam ini sebagai bulan ampunan, ibadah pertobatan malam yang penuh dengan ampunan dari Allah karena akan memasuki bulan Ramadhan.

Para umat Islam akan berbondong-bondong ke mushola, masjid, dan tempat ibadah lainnya seperti di rumah-rumah untuk memanjatkan do'a permohonan ampunan, di kuatkan iman, dan dimurahkan rezeki. dan diharapkan pada tahun yang akan datang menjadi tahun yang lebih baik dari tahun ini.

Keistimewaan pada malam nisyfu Sya'ban ini adalah pengampunan dari Allah kepada hambanya yang tak lepas dari kesalahan dan dosa. Allah membuka pintu ampunan seluas luasnya, ini sebagai bukti sifat rahman dan rahim Allah terhadap hambanya yang tidak lalai dan merasa menyesal akan berlumuran dosa. Oleh karenanya, pada bulan Sya'ban disini jangan sampai terlewatkan dengan kesibukan duniawi kita, dan diharapkan menjadikan ajang memperbanyak amalan ibadah, seperti halnya berpuasa di bulan Sya'ban. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sebuah hadits mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Sya'ban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR Al-Bukhari).

Selain berpuasa di bulan Sya'ban, setidaknya menghidupkan puasa di pertengahan bulan Sya'ban, walaupun tidak satu bulan melakukan puasa di bulan Sya'ban ini akan melatih kita akan mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini sangat di anjurkan untuk melakukan ibadah-ibadah yang terpuji, karena di bulan ini pintu-pintu ampunan di buka oleh Allah.

Pada malam ini Allah akan mengampuni dosa orang yang memohon ampunan terhadap-Nya, menjawab permintaan orang-orang yang berdo'a kepada-Nya, mengasihi umat manusia, membebaskan sekelompok orang dari api Neraka, melapangkan penderitaan orang yang susah. Pada bulan ini diskon besar-besaran akan karunia Allah yang diberikan kemanusia bagi mereka yang memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya. Tapi banyak manusia melalaikan dan mengabaikan pada bulan ini, karena bulan ini atau momen pentingnya bertepatan di tengah-tengah antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan.

Bulan Sya'ban adalah bulan yang sangat mulia, pada bulan ini ada pengangkatan amal manusia dan perbaruan buku amalan kita, olehnya manusia diberikan pintu pertaubatan untuk menyesali apa yang telah mereka perbuat selama se tahun. Dan juga pada bulan Sya'ban disini batas terakhir hutang puasa Ramadhan dahulu yang pernah di tinggalkan harus di ganti atau dilaksanakan, oleh karena itu bagi yang mempunyai hutang puasa Ramadhan di tahun kemaren harus cepat-cepat di ganti atau dilaksanakan, karena jika sampai pada bulan Ramadhan maka hutang puasanya menjadi dua kali lipat dari sebelumnya.

Marilah kita jadikan bulan yang penuh dengan ampunan ini, dimanfaatkan sebaik mungkin. Bagi yang masih bermusuhan terhadap sesama, tidak saling sapa-menyapa, punya masalah pribadi yang mengakibatkan kita retak hubungan dengan sesama, berhentilah dari sekarang minta maaflah kepada seseorang yang pernah kita lakukan. Puasa di bulan Ramadhan kemaren yang pernah kita lalaikan dan di tinggalkan, cepat-cepatlah di ganti sebelum bulan Ramadhan datang. Karena bulan ini ada batas terakhir kita, buku amalan kita akan di naikkan dan akan di ganti dengan yang baru.

Semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik dari tahun ini. Semakin mendekatkan diri kepada sang Ilahi, dan diberikan keberkatan pada bangsa ini kedepannya. Dan semoga menjadi bangsa yang diharapkan yaitu, baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur dikarenakan masyarakatnya yang damai, tentram tidak ada pertikaian dan permusuhan hanya karena beda pendapat dan perbedaan dari segi apapun. Selamat menyambut datangnya bulan Ramadhan!!!

www.nu.or.id
www.nu.or.id