Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... esais

.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ayat Puasa Ramadan dan Sikap Toleransi

28 April 2021   22:17 Diperbarui: 28 April 2021   22:45 472 19 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayat Puasa Ramadan dan Sikap Toleransi
Ilustrasi Kitab Suci Al-Quran (TRIBUNNEWS.COM)

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Q.S Al-Baqarah [2]: 183)

Islam adalah agama toleransi (al-din al-tasammuh). Islam mengajarkan umatnya untuk bersikap dan menghargai toleransi. 

Tidak sedikit ayat Al-Quran dan hadis Rasul menekankan sikap toleransi ini. Salah satunya adalah ayat tentang puasa Ramadan yang paling saya ingat, hafal banget, dan juga sering diucapkan oleh para pengkhotbah atau penceramah saat-saat bulan Ramadan.

Ayat itu tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 183. Berikut bunyi teks lengkap ayatnya:

"Yaa ayyuhal ladziina aamanuu kutiba 'alaikumus shiyaama kamaa kutiba 'alal ladzina min qoblikum la'allakum tattaquun."

Artinya, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Q.S Al-Baqarah [2]: 183).

Merujuk pendapat para ahli tafsir bahwa berpuasa tidak saja diperintahkan kepada umat Islam, tetapi pernah juga diperintahkan kepada umat-umat sebelum umat Islam di masa lampau, meskipun bentuk puasanya mungkin berlainan.

Hal seperti ini, sekali lagi, menegaskan adanya implikasi bahwa ajaran Islam, di antaranya ibadah puasa, merupakan kelanjutan dari para Nabi sebelum Nabi Muhammad.

Bahkan, dalam salah satu hadis, hubungan Nabi Muhammad itu dengan para Nabi sebelumnya dianalogikan dengan sebuah bangunan yang indah. Namun, sayang ada satu sisi atau bagian (labinah) dari rumah itu yang belum rampung.

Kenapa bisa begitu? Nabi Muhammad sendiri yang menjawabnya, "Ana al-labinah wa ana khatamun nabiyyin." Artinya, "Akulah labinah (bagian) itu dan akulah penutup para Nabi." (Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x