Mohon tunggu...
Muhammad Rizky
Muhammad Rizky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam,Lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh..hallo guys selamat datang di akun blog saya.sebelum nya tak kenal maka tak sayang,perkenalkan nama saya Muhammad Rizky bisa dipanggil Rizky atau Kiki,Saya kelahiran Jakarta,05 April 2002.Saya memiliki saudara ,saya sebagai anak pertama.Tanggung Jawab sebagai anak pertama cukup berat karna menjadi penggganti sosok ayah Ketika ayah sedang sibuk.Disitu lah anak pertama dituntut untuk membimbing keluarga dan adik adik nya.Tapi dari tanggung jawab tersebut saya belajar banyak ilmu kehidupan tentang yang nama nya amanat.Sebelum nya saya adalah lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor.Saya lulus pada tahun 2021,kemudian setelah lulus saya mengabdi di Pondok Modern Darussalam Gontor kurang lebih satu tahun.Pengabdian tersebut mengajarkan banyak arti keikhlasan dan keridhoan seorang pengajar kepada santri santri nya.Dan belajar banyak tentang ilmu kehidupan.Selama pengabdian saya juga sudah memasuki dunia perkuliahan yaitu di UNIVERSITAS DARUSSALAM (UNIDA) .Saya memasuki Prodi Pendidikan Agama Islam.Selama pengabdian juga saya diberi Amanah oleh Kyai untuk menjaga satu unit usaha pondok yaitu La Tansa Gontor Department Store.Ditempat itu saya memiliki banyak sekali pengalaman tentang mengatur keuangan khusus nya di bagian admintistrasi.Setelah saya lulus dari pengabdian saya melanjutkan Studi saya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan memasukin Fakultas Dakwah Ilmu Komusikasi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam.Terimaksih Wassalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pondok Pesantren

2 Oktober 2022   09:20 Diperbarui: 2 Oktober 2022   09:22 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pondok pesantren

Pondok pesantren dengan sia item asrama,kyai sebagai sentral figur nya dan masjid menjadi titik pusat yang menjiwai nya .Pondok ini berdiri pda tahun 1926.Skarang pondok ini sudah berumur 96 tahun,tinggal menunggu beberapa tahun lagi untuk sampai ke Satu Abad.Pondok ini di pimpin oleh 3 kyai.

Sebelum nya pondok ini di pimpin oleh 3 pemimpin yaitu Trimurti .

Kemudian Trimurti tersebut mewakafkan tanah nya kepada pimpinan skarang untuk melanjutkan perjuangan .

Karna beliau tidak ingin jika beliau menggal pondok nya juga meninggal,maka dari itu Trimurti mewakafkan pondok tersebut kepada pimpinan skarang.Pondok ini memakai sistem Wakaf.Skarang sudah ada 20 kampus cabang seluruh Indonesia.

Di dalam pondok ini memiliki 5 panca jiwa yang sangat berpengaruh dalam kehidupan santri santri di pondok .Pondok ini memgajarkan tentang Kehidupan ketika nanti santri Santri terjun ke masyarakat .

Mencetak generasi  mundzirul qoum pemimpin umat di masa yang Akan datang.Pondok ini memiliki banyak para alumini alumni yang sukses di luar.contoh dari Ahmad Fuadi beliau adalah penulis novel NEGRI 5 Menara dan Ranah Tiga Warna.Di pondok ini di ajarkan kepada santri santri nya ketika sudah kelas menginjak kelas 6 atau siswa akhir KMI .

Yaitu di ajarkan bagaimana cara mengajar yang baik dan benar untuk beka di luar .sebagai pendidik atau guru.Dan untuk syarat mengambil ijazah di pondok ini adalah mengabdi .setelah lulus sebagai siswa akhir KMI .

Wajib untuk mengabdi di pondok pondok pesantren yang di bagi oleh kyai pondok .selama satu tahun mengabdi kemudian bisa untuk mengambil ijazah tersebut dan sudah di nyatakan lulus dari pondok pesantren Darussalam Gontor dengan sah .

Setelah di nyatakan lulus,banyak para alumni meneruskan belajar nya di luar negri.karna pondok ini sudah memiliki banyak muadallah kepada universitas luar negri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun