1.Pengertian Pembelajaran Problem Solving dalam implementasiÂ
   Pengertian Pembelajaran Problem Solving adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.Hal ini berarti metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.Dengan demikian, metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegangp Peranan yang sangat penting. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran, karena suatu strategi pembelajaran hanya mungkin dapat diimplementasikan melalui Penggunaan metode pembelajaran.
Metode problem solving juga adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan
menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis
dalam usaha mencari pemecahan/jawaban oleh siswa. Metode pemecahan
masalah sering disebut dengan istilah problem solving method, reflective thinking
method, atau scientific method. Permasalahan ini dapat diajukan atau diberikan
oleh guru kepada siswa, dari siswa bersama guru atau dari siswa sendiri, yang
kemudian menjadikan pembahasan dan dicari pemecahan berbagai kegiatan-
kegiatan belajar siswa.
2.pengertian pembelajaran verbal dalam implementasiÂ
Pengertian Pembelajaran verbal merupakan beberapa situasi pembelajaran dimana tugas-tugas yang membutuhkan orang yang belajar untuk merespon materi bahan-bahan verbal seperti kata-kata atau menanggapi dengan respon verbal. Â Pembelajaran verbal juga merupakan proses yang komplek yang terdiri dari pemecahan masalah, berfikir dan rumusan konsep dan juga melibatkan aktivitas kognitif.
 Pembelajaran verbal secara sistematis dimulai oleh Herman Ebbinghaus, seorang psikolog Jerman tahun 1885. Dia tertarik akan kondisi-kondisi manusia belajar untuk membentuk kelompok dan cara mempertunjukkan bagaimanapun mengukur manuia belajar.
3.Pengertian Pembelajaran problem solving dalam implementasiÂ
Metode pembelajaran problem
solving adalah memberikan latihan
kepada anak untuk berfikir. Metode ini dapat
menghindarkan anak dari membuat
kesimpulan yang tergesa-gesa, menimbang-nimbang kemungkinan berbagai pemecahan,
dan menangguhkan pengambilan keputusan
sampai terdapat bukti-bukti yang cukup.
Metode pembelajaran problem
solving juga merupakan salah satu metode
pembelajaran yang mencerminkan atau
dilandasi oleh filsafat konstrukstivisme.
Konstuktivisme merupakan salah satu aliran
filsafat pengetahuan yang menekankan
bahwa pengetahuan kita merupakan hasil
konstruksi bentukan kita sendiri. Pengetahuan bukanlah suatu imitasi dari kenyataan, pengetahuan selalu merupakan akibat dari suatu konstruksi kognitif dari kenyataan yang
terjadi melalui serangkaian aktivitas
seseorang siswa.