Mohon tunggu...
Muh Rihwal
Muh Rihwal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FEB

FEB UNM 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Etika Bisnis vs Profit, di Manakah Posisiku?

18 Oktober 2021   01:29 Diperbarui: 18 Oktober 2021   01:56 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama saya Muh Rihwal. Di mana di dalam sebuah studi kasus sya adalah seorang anak yang lahir di dalam keluarga seorang pengusaha. Yang dimana pada suatu hari saya ditunjuk sebagai presiden direktur di perusahaan di biang pertambangan dan energi yang mana perusahaan tersebut telah berdiri sejak 50 tahun yang lalu yang dididrikan oleh kakek saya sendiri.

Awalnya peresiden direktur di perusahaan kakek sya itu adalah ayah saya sendiri tetapi ayah saya mengundurkan diri karena alasan kesehatannya, tetapi dengan mengundurkan diri bukan berarti ayah saya sudah tidak terlibat di dlama perusahaan tersebut ayah saya masi memiliki jabatan yaitu menjadi komisaris direktur, bersama dengan 2 paman saya sebagai dewan komisaris. 

Namun Sebagian besar struktur organisasi di prusahaan saya ini diisi oleh para keluarga dan kerabat saya yang Sebagian besarnya tidak memiliki potensi yang cukup. Namun di tahun pertama saya mejabat, sya diberi tugas oleh dewan komisaris untuk mencapai target profit 300%. 

Oleh karena itu saya memiliki target untuk memperluas daerah ekplorasi mineral dan tambang ke daerah lain dengan cara membuka lahan baru dan juga mengakuasisi beberapa perusahaan kecil untuk bergabung di perusahaan saya. 

Di sisi lain perusahaan tambang saya yang mengeksplorasi mineral di daerah pelosok Kalimantan sering berurusan kepada masyarakat terkait dengan masalah eksplorasi dan eksploitasi di daerah tersebut. Dan ternyata perusahaan saya ini telah berurusan dengan hukum sejak 30 tahun yang lalu. 

Aktivis dan Lembaga swadaya masyarakat (LMS) telah melakukan protes ersama masyarakat terkait aktivitas eksploitasi tambang dan mineral dikarenakan aktifitas tersebut mengganggu ekosistem lingkungan, hak-hak masyarakat adat dan pencemaran lingkungan. Hal tersebut membuat saya berada di posisi yang serba salah dan dilema. Ada tiga pertanyaan  di dalam kasus di atas yaitu:

1. Hal apa saja yang menjadi masalah pada kasus di atas 

2. jelaskan apa yang akan kamu lakukan pertama kali sebagai seorang presiden direktur terkait dengan  maslah ini? Di satu sisi, ada tekanan dari pihak internal perusahan yang mempekerjakan saya (yang dimana salah satu dewan komisaris adalah ayah sya) dan disisi lain ada tekanan dari pihak eksternal terkait aktifitas operasional perusahaan saya, pihak mana yang akan saya prioritaskan? Pihak eksternal atau pihak internal? 

3. jelaskan solusi yang saya tawarkan terkait masalah ini! 

JAWABAN 

1. Di dalam kasus di atas ada problem atau masalah yang harus saya selesaikan yaitu, pertama  prusahaan tersebutt memiliki karyawan yang tidak memiliki potensi yang cukup dalam perusahaan tersebut, yang kedua sulitnya memeperluas daerah pertambangan oleh perusahaan tersebut dikarenakan iya telaha terlibat dengan hukum sejak 30 tahun dan warga disana pun tidak merespon  baik oleh adanya  perusahaan itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun