Mohon tunggu...
muhammad anas
muhammad anas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Man jadda WA jadda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kurangi Pemakaian Sampah Plastik

19 April 2021   21:09 Diperbarui: 19 April 2021   21:17 30 1 0 Mohon Tunggu...

Kurangi pengunaan pelastik dari sekarang,  Plastik adalah sampah abadi yang tidak bisa terurai. Dampak dari sampah plastik sangat banyak karena 50% bahan plastik hanya digunakan sekali pakai,seperti sedotan,botol air mineral dan plastik es. Tentu hal itu membuat sampah plastik semakin menumpuk.plastik sendiri tidak bisa terurai dan hanya menjadi potongan yang lebih kecil dan kecil lagi. Butuh waktu kurang lebih 1000 tahun untuk dapat terurai.

Plastik mengancam keberlangsungan hidup hewan liar. Di laut,sampah plastik telah melebihi jumlah zooplankton dengan perbandingan 36:1. Lebih dari 260 spesies,antara lain invertebrata,kura-kura,ikan,dan mamalia yang tercemar sampah plastik sehingga mengalami gngguan makan dan pergerakan.plastik pun mengancam reproduksi pada hewan hingga raserasi  (luka-luka pada kulit dan daging),

Merusak lingkungan dan mencemari air
Plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari,sehingga mengurangi kelembapan tanah dan dapat menyebabkan banjir. Dan sampah plastik memberi sumbangsih 90% dilautan.

Meracuni rantai makanan
Sangat bahaya jika hewan yang kita konsumsi seperti sapi,ayam,kambing, itu mengonsumsi zat-zat bahaya yang berasal dari plastik. Tentuk akan merusak keseharan juga dapat menyebabkan tidak lancer pada rantai makanan itu sendiri. Adapun manuia yang terpapar oleh plastik itu beresiko besar terpapar kangker,cacat lahir,gangguan imunitas,gangguan endokrin dan lain-lain.

Mengurangi penggunaan plastik

  1. membawa tas belanja dari rumah.
  2. membawa alat makan ketika sedang jajan/makan diluar
  3. mengunakan stainlees straw sebagai ganti sedotan plastik
  4. membawa wadah minuman sendiri

Terdengar sangat repot sih,tapi ada banyak manfaat lain jika kita membawa sendiri alat tersebut, kita sedikit lebih sehat karena membawa barang lebih banyak ,dan yang terpenting kita bis terhindar dari zat-zat plastik yang sangat bahaya, tentu kita akan terlihat keren dan bisa membawa kesan positif dan kedaran bagi orang-orang sekitar kita bahwa menggunakan plastik secara terus menerus sangat banyak resikonya bagi kehidupan manusia dimasa yang mendatang karena didalam plastik banyak sekali zat-zat yang berbahaya.

YUK KURANGI PEMAKAIAN SAMPAH PLASTIK,KARENA KALO GA DARI SEKARANG KAPAN LAGI? KALO BUKAN KITA SIAPA LAGI?

VIDEO PILIHAN