Mohon tunggu...
Muhlas Ardiyanto
Muhlas Ardiyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa

penulis pemula

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Khataman Al Quran dan Sarwah Akbar Sebagai Pendekatan ke Masyarakat Desa Sempol

19 Juli 2019   20:20 Diperbarui: 19 Juli 2019   20:29 0 0 0 Mohon Tunggu...
Khataman Al Quran dan Sarwah Akbar Sebagai Pendekatan ke Masyarakat Desa Sempol
dokpri

KKN UM 2019 mengadakan kegiatan khataman dan sarwah akbar yang dilakukan pada hari minggu (16/6/2019). Acara ini dilaksanakan  bersamaan dengan acara sholawatan, do'a bersama dan santunan anak yatim. Namun, kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari hingga siang hari secara serentak diseluruh masjid Desa Sempol.

Acara khataman dan sarwah akbar ini dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB. Pada khataman dan sarwah akbar ini dihadiri dan dibantu oleh para hafidz yang secara khusus diudang oleh tokoh masyarakat setempat. Beliau adalah  Bapak Hj. Rahmat yang mendatangkan hafidz dan santri dari Pondok Pesantren Sukorejo. Hafidz yang diundang sejumlah 14 orang dan ditempatkan sesuai jumlah masjid.

Pembagian hafidz disesuaikan dengan jumlah masjid yang ada di Desa Sempol yakni sejumlah 7 masjid yang tersebar di 4 Dusun.  Sebelum kegiatan ini diadakan, pihak kepala desa, aparatur desa dan tokoh masyarakat  bersama mahasiswa KKN UM menyebarkan selebaran bagi warga. Selebaran yang dibagikan diperuntukkan untuk menuliskan nama arwah baik almarhum/almarhumah yang akan dibacakan pada saat  khataman.

Keunikan acara khataman dan sarwah akbar ini adalah pihak warga  selain menyetorkan lembaran juga memberikan makanan dan minuman bagi para hafidz.  Makanan dikhususkan bagi hafidz untuk dimakan sedangkan minuman berupa botol air minum diberikan kembali kepada warga. 

Sebab, warga meyakini bahwa air botol minum hasil pembacaan khataman berhasiat untuk diminum. Selain itu, warga juga memberikan sejumlah uang bagi hafidz sebagai tanda terima kasih untuk mereka. Sedangkan untuk uang sarwah dipisahkan dengan uang untuk para hafids yang mana uang tersebut diberikan warga secara langsung kepada pendamping para hafidz.

Kegiatan khataman dan sarwah akbar ini ditutup dengan sholat duhur berjama'ah dan do'a khotmil qur'an. Selepas acara para pendamping  tadi kemudian berkumpul kembali untuk memberikan hasil uang sarwah kepada tokoh masyarakat dan aparatur desa serta makan bersama. 

Uang yang telah terkumpul tadi akan dialokasikan untuk kegiatan keagamaan dan kepentingan masyarakat desa. Semoga dengan pelaksanaan kegiatan tersebut dapat membantu keperluan  masyarakat.