Mohon tunggu...
Muhammad Zacky
Muhammad Zacky Mohon Tunggu... University of Indonesia

Undergraduate Student Business Administration, University of Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Sockn, Solusi Tepat dalam Mengatasi Bau Kaki

29 Mei 2019   21:49 Diperbarui: 29 Mei 2019   22:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan : latar belakang, alasan yang mendasari perlunya dikembangkan bisnis, identifikasi peluang bisnis dan permasalahan yang akan dihadapi dalam mengembangkannya.

1.1. Latar Belakang Masalah
Pekerja dan pelajar memiliki tingkat produktivitas sehari-hari yang tinggi baik dalam bekerja maupun menuntut ilmu. Tuntutan seorang pekerja maupun pelajar dalam melakukan aktivitasnya di kantor atau di sekolah maupun kampus salah satunya adalh menggunakan outfit sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Kaos kaki merupakan salah satu pelengkap dari outfit harian para pekerja dan pelajar. Penggunaan kaos kaki sebagai pelengkap outfit ternyata memiliki masalah bagi sebagian orang yang menggunakannya. Salah satu masalah dalam penggunaan kaos kaki adalah Bromodosis. Bromodosis atau yang biasa disebut dengan bau tidak sedap pada kaki merupakan fenoma yang tidak disenangi oleh setiap orang yang mengalaminya. Bromodosis disebabkan oleh adanya bakteri yang menetap pada permukaan kulit dan sepatu. Adanya bakteri yang menyebabkan bromdosis tersebut membuat orang yang mengalaminya tidak memiliki kepercayaan diri karena takut akan aroma tidak sedap dapat menggangu orang lain yang ada di sekitar. Adanya fenomena aroma tidak sedap dalam menggunakan kaos kaki mendorong kesempatan untuk menciptakan inovasi lain dalam pemakaian bahan kaos kaki. Kaos kaki anti bau "Sockn" merupakan solusi dalam mengatasi permasalahan yang dialami sebagian masyarakat.  Konsep yang diangkat dalam kaos kaki anti bau adalah kaos kaki berbahan serat bambu yang dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat.

1.2 Ringkasan Usaha / Bisnis
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah yang terjadi, pada proposal ini saya memilih produk inovatif dengan nama "Kaos Kaki Anti Bau". Konsep yang diangkat adalah kaos kaki berbahan serat bambu yang dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat. Kaos kaki ini dapat menghambat perkembangan bakteri, menyerap keringat dengan baik, meghilaangkan bau kaki dan menciptakan rasa nyaman saat menggunakan kaos kaki. Saya melihat peluang yang besar pada produk kaos kaki anti bau ini karena akan sangat dibutuhkan pada aktivitas sehari-hari khususnya bagi para pekerja, pelajar dan mahasiwa/I yang menggunakan kaos kaki. Bagi pekerja, pelajar dan mahasiswa/I menggunakan kaos kaki merupakan pelengkap setiap hari selama beraktivitas dalam bekerja dan menuntut ilmu. Berangkat dari kondisi tersebut, kami yakin bahwa bisnis ini memiliki potensi untuk berkembang kedepannya dalam kehidupan para pekerja, pelajar dan mahasiswa/I yang dimana memiliki tingkat produktivitas tinggi. Akan tetapi, terdapat permasalahan yang akan dihadapi dalam mengembangkan bisnis kaos kaki anti bau yaitu  pada pencarian bahan baku dan pada proses pembuatan kaos kaki anti bau. Permasalahan tersebut berupa pencarian bahan baku berupa serat bambu berkualitas dan proses pembuatan kaos kaki anti bau agar serat bambu yang digunakan untuk kaos kaki anti bau ini dapat diolah sehingga penggunaan serat bamboo tidak memberikan dampak ketidaknyamanan dalam menggunakan kaos kaki anti bau.

BAB II BUSINESS MODEL CANVAS


*Customer Segments
-Employee
Produk kaos kaki anti bau ini sangat cocok dikenakan untuk pekerja dengan produktivitas tinggi yang dimana kesehariannya bekerja dan harus mengenakan kaos kaki untuk mendukung outfit yang digunakan serta kenyamanan dalam bekerja. Pekerja memiliki waktu hampir setengah hari dalam bekerja sehingga membutuhkan kaos kaki yang dapat memberikan kenyamanan serta rasa nyaman dalam menggunakan kaos kaki.
-Student
Produk kaos kaki anti bau ini juga sangat cocok digunakan bagi pelajar atau mahasiswa/I yang dimana pada aktivitas sehari-hari yaitu sekolah dan kuliah harus menggunakan kaos kaki. Rata-rata aktivitas di sekolah maupun kampus mencapai lebih dari setengah hari, sehingga dalam wkatu lebih dari 12 jam tersebut pelajar atau mahasiswa/I membutuhkan kaos kaki yang dapat menyerap keringat serta memberikan rasa nyaman saat dipakai.

*Value Proposition
-Anti Odor
Kaos kaki "Sockn" memiliki perbedaan dan keunggulan yang membedakan kaos kaki "Sockn" berbeda dengan kaos kaki lain pada umumnya yang dimana kaos kaki "Sockn" terbuat dari bahan alami yaitu serat bambu yang dapat menghambat bakteri,  menyerap keringat dengan baik, meghilaangkan bau kaki dan menciptakan rasa nyaman saat menggunakan kaos kaki mengingat bahwa produk kaos kaki yang dijual di pasaran tidak terbuat dari serat bamboo sehingga tidak menghambat bakteri dan menyerap keringat yang dimana bakteri dan tidak terserapnya keringat dapat menyebabkan bau tidak sedap pada kaos kaki.
-Simple
Produk Kaos kaki "Sockn" memiliki bentuk, ukuran, dan berat yang sama dengan kaos kaki pada umumnya sehingga pemakaiannya pun simple tidak berbeda dengan kaos kaki pada umunya.
-Affordable Price
Harga jual dari produk Kaos kaki "Sockn" dapat dikatakan cukup terjangkau yaitu sebesar 35.000 rupiah/pcs mengingat bahwa kaos kaki "Sockn" terbuat dari bahan serat bambu yang memiliki manfaat menghambat perkembangan bakteri, menyerap keringat dengan baik, meghilaangkan bau kaki dan menciptakan rasa nyaman saat menggunakan kaos kaki.
-Healthy
Dengan kelebihan dapat menyerap keringat, Kaos kaki "Sockn" dapat mencegah dan mengatasi masalah bau kaki yang disebut sebagai Bromodosis. Bahan serat bambu dari Kaos kaki "Sockn" dapat mencegah munculnya bakteri penyebab bau tidak sedap yang dapat memecah keringat dan sel-sel kulit mati.

*Channel
Menjangkau customer segment dengan memasarkan produk secara langsung maupun tidak langsung.
-Awareness : Paid Advertising, Social Media, Word of Mouth.
-Purchase : Online order, Direct selling,
-Distribution : Tiki, JNE, J&T, Go-Jek, Grab
-After Sales : Social Media Customer Assistance (IG) dan Chatting Apps (WA dan Line)

*Customer Relationship
-Memberikan promo berupa potongan harga apabila membeli produk lebih dari 2 pasang, promo menarik tersebut bertujuan untuk menarik konsumen maupun calon konsumen.
-Menyediakan layanan customer service secara online melalui social media yaitu Line, WhatsApp dan Instagram.
-Meminta konsumen memberikan testimony pelanggan terhadap produk Kaos kaki "Sockn".

*Revenue Stream
Asset Sales : penjualan produk Kaos Kaki "Sockn"
Dengan harga 35.000/pcs profit 25-35%.

*Key Resources
- Intellectual : Brand Sockn, hak paten Kaos Kaki "Sockn"
- HR : manajemen yang baik dan vendor yang berkualitas tinggi
- Financial : Modal awal sebesar x juta rupiah untuk menjalankan bisnis Kaos kaki "Sockn".
- Distribution : Ekspedisi Pengiriman seperti Tiki, JNE, J&T, selain itu melalui kurir barang harian layanan Go Send dan Grab Delivery dari Go-Jek dan Grab
 - Sales : Bank Transfer dan Cash

*Key Activities
-Product Design : Mendasain bentuk kaos kaki yang simple dan nyaman digunakan setiap saat.
-Production : Menjalin kerja sama dengan vendor yang berkualitas dan terpercaya serta menjalin kerjasama dengan supplier serat bambu.
-Promoting : Mengenalkan produk secara Online marketing (WoM, Social Media, Paid Ads)
-Controlling : Durability test, manage social media, online dan offline orders, dan distrubution

*Key Partners
-Vendor pembuatan Kaos Kaki "Sockn"
-Supplier serat bambu
-Jasa Pengiriman
-Marketing Agency

*Cost Structure
-Research and Development
-Operational Expense
-Marketing Expense
-Production Expense (Shipping, material, factory cost)

BAB III PENUTUP

Berdasarkan pemaparan diatas, ide bisnis dari "Sockn" yang merupakan Kaos kaki yang terbuat dari bahan bambu yang dapat menghambat perkembangan bakteri, menyerap keringat dengan baik, meghilaangkan bau kaki dan menciptakan rasa nyaman saat menggunakan kaos kaki. Kaos kaki "Sockn" sangat cocok untuk digunakan bagi para pekerja, pelajar dan mahasiswa/I yang dimana memiliki tingkat produktivitas tinggi serta memiliki waktu lebih dari 12 jam dalam menjalankan aktivitasnya sebagai pekerja, pelajar dan mahasiwa/i. Ide bisnis Kaos kaki "Sockn" ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan untuk dijalani.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x