Mohon tunggu...
muhammadyunus00
muhammadyunus00 Mohon Tunggu... Eunoia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

songwriter, eunoia language literary and tone

Selanjutnya

Tutup

Analisis

CASH ON DELIVERY

17 Mei 2021   01:20 Diperbarui: 17 Mei 2021   06:16 96 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
CASH ON DELIVERY
img-20210517-060830-60a1a6658ede48387e6b2e42.jpg

Pasar dunia, dunia pasar. Bisnis meraja lela terbuka bagi seluruh pelaku usaha.

Satu kejadian terulang seperti halnya tidak ada yang ingin di rugi ataupun di kecewakan. Karena paket tidak sesuai pesanan kembali pembeli menghujat sistem COD (cash on delivery) si kurir menjadi korban.

Jika di perhatikan sebenarnya bukan sistem COD yang harus di hapus tapi terkadang pelaku usahanya yang tidak jujur. Menipu, deskripsi barang yang tidak sesuai seakan-akan mengadu domba antara pembeli/pemesan dan kurir barang. 

Pembeli yang kurang memahami deskripsi barang kurangnya pemahaman dan SOP cash on delivery, ingat baik baik kurir hanyalah pengantar tidak tahu isi pesanan barang yang di antar tidak harus memaki, menghina, dan mencaci.

Metode pembayaran COD tentu memiliki risiko, mungkin barang yang akan di terima tidak sesuai sebagaimana yang di gambar/foto. Transaksi jual beli online pada umumnya dan biaya ongkos kirim.

Jika memang di ketahui barang yang di pesannya lewat COD tidak sesuai atau mengalami cacat/rusak, harusnya pembeli menyadari. marketplace sudah menyediakan fitur komplain yang menghubungkan penjual dan pembeli. Bukan si kurir.

VIDEO PILIHAN