Mohon tunggu...
Moch Wahyu Nanda Ramadhani
Moch Wahyu Nanda Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Milad Muhammadiyah Ke-109 "Optimis Hadapi Covid-19: Menebar Nilai Utama"

28 November 2021   22:03 Diperbarui: 28 November 2021   22:31 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semenjak munculnya kasus pertama Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tak terasa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia sudah berlangsung selama dua tahun hingga saat ini, khususnya di Indonesia. Pandemi yang masih terjadi hingga saat ini benar-benar merubah cara hidup dan kerja dalam berbagai macam aspek. 

Pengaruh pandemi terhadap kesehatan masyarakat, kegiatan masyarakat, kegiatan ekonomi, pendidikan hingga politik menggambarkan bagaimana pandemi Covid-19 ini begitu memberikan imbas yang membuat dunia harus merubah cara hidup dan kerja dalam beberapa aspeknya. 

New Normal sebagai salah satu bentuk cara dunia beradaptasi di dua tahun terkahir ini, menggambarkan bagaimana cara dunia maupun Indonesia sendiri dapat mereka-ulang dan membangun kembali berbagai macam aspek dan sektor yang mengalami berbagai macam fluktuasi di masa pandemi.

Muhamadiyah sebagai elemen yang bersemangat dalam membangun tata sosial secara dinamis dan juga berkedudukan sebagai elemen sistem kehidupan dalam segala aspeknya, telah bergerak sejak awal pandemi dengan komitmen Muhammadiyah dalam membantu pemerintah. 

Berbagai cara dilakukan dengan mengerahkan elemen-elemen Muhammadiyah yang mereka miliki demi membentuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019, yang diantaranya mengerahkan Rumah Sakit Muhammadiyah di seluruh penjuru Indonesia guna menangani pasien COVID-19.

Selain itu, diawal Maret 2020 lalu, Muhammadiyah semakin melakukan berbagai macam inovasi pembaharuan dalam menghadapi kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia. Salah satunya Muhammadiyah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) berdasar Maklumat impinan Pusat Muhammadiyah Nomor 02/MLM/I.0/H/2020 tentang Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

32 Satuan Tugas MCCC yang menyebar di Indonesia tentu bersinergi dengan berbagai pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah guna memberikan pressure lebih terhadap lonjakan kasus di masa pandemi. 

Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang bertugas mengoordinasikan pelaksanaan program dan aksi penanganan Covid-19 ini sendiri, merupakan salah satu upaya Muhammdiyah dalam mendorong semua pihak untuk bekerjasama dan bersinergi yang disertai langkah sosialisasi dan kebijakan yang lebih adaptif dan komprehensif terhadap kasus pandemi ini.

Di Milad Muhammadiyah ke-109 dengan tema "Optimis Hadapi Covid-19: Menebar Nilai Utama", Muhammadiyah yang genap berusia 109 tahun ini semakin menorehkan berbagai macam kontribusi bagi bangsa secara istiqomah dalam menebar nilai utama, khususnya berkontribusi dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Dalam Milad dengan tema ini, persyarikatan Muhammdiyah tidak berhenti untuk terus menebarkan nilai-nilai utama guna memperkuat masyarakat Indonesia yang berkemajuan sebagai kunci untuk meraih harkat dan martabat insan kamil yang diselaraskan dengan mewujudkan semangat ijtihad berupa gerakan tajdid (pembaharuan), purifikasi (pemurnian), dan dinamisasi.

Dalam optimisme mengahadapi Covid-19 di Milad Muhammadiyah ke-109, persyarikatan Muhammadiyah terus memperkokoh menebarkan pandangan dan sikap luhur berbasis nilai-nilai utama (al-qiyam al-fadilah). Nilai utama yang pertama yakni nilai ketauhidan untuk kemanusian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan