Mohon tunggu...
Muhammad Ulinniam
Muhammad Ulinniam Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Opini atau artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

LANSIA POTENSIAL

6 Oktober 2022   08:43 Diperbarui: 17 Oktober 2022   10:13 60 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lansia merupakan tahap lanjut dari suatu proses kehidupan yang ditandaid engan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stres lingkungan.

Lansia adalah keadaan yang ditandai oleh kegagalan seseorang untuk mempertahankan keseimbangan terhadap kondisi stres fisiologis (Efendi &Makhfudli, 2010).

Lansia adalah seseorang yang telah berusia >60 tahun dan tidak berdaya          mencari nafkah sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari(Ratnawati, 2017)

Lansia adalah tahap akhir perkembangan pada daur kehidupan manusia ditandai gagal nya mempertahankan keseimbangan kesehatan dan kondisi stres psikologis nya.lansia juga berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup .

Lansia dapat dikatagorikan berdasarkan kemampuan mencari nafkah yang dibedakan menjadi dua jenis yaitu: lansia potensial jika mampu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa, dan lansia tidak potensial jika lansia tidak berdaya mencari nafkah sehingga hidupnya bergantung pada bantuan orang lain. Peningkatan penduduk lansia berkaitan dengan tingkat fasilitas dan penurunan angka kematian pada pendudukan lansia. Penigkatan pendudukan lansia berdampak pada Ageing Index yaitu ratio penduduk lansia dibandingkan dengan 100 orang penduduk uasia 0-14 tahun yang menunjukkan keseimbangan antara penduduk tua dengan anak-anak. Kondisi ini menyebabkan penurunan pada Potential Support Ratio yaitu rata-rata jumlah Penduduk yang memiliki potensi untuk memberikan dukungan (penduduk yang bekerja) untuk setiap satu orang penduduk lansia. Penduduk lansia yang diberikan tanpa adanya jaminan sosial, akan rentan menjadi beban masyarakat.

Lansia potensial adalah lansia yang masih mampu menghasilkan suatu barang ata lansia yang masih mampu melakukan suatu pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan.

Seperti contoh kasus lansia potensial yang ada di desa sakatiga yaitu a.zawawi seorang lansia yang sudah berumur 80 tahun ini sudah mengalami masalah dalam pendengaran dan masalah dalam penglihatan.

Tapi kakek Zawawi masih bisa melakukan suatu yang dapat menghasilkan barang yaitu membuat jala untuk menangkap ikan.

Jala ini biasanya akan di cari oleh orang orang yang suka mencari ikan di sungai.

Dari contoh kasus kakek Zawawi ini memperlihatkan bahwa seorang lansia masih bisa menghasilkan suatu barang atau produk untuk di jadikan sebagai suatu penghasilan dan juga membuat seorang lansia tetap sehat karena melakukan aktivitas fisik serta dapat membantu menghilangkan rasa bosan dengan membuat jala kakek Zawawi merasa lebih sehat.

Oleh :

Nama : Muhammad Ulin Niam 

Dosen Pengampu : 

1.Dr.Azizah Husin, M.Pd.

 2.Yanti Karmilah Nengsih, M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan