Mohon tunggu...
Muhammad tharieq waldopo
Muhammad tharieq waldopo Mohon Tunggu... Tinggal di kota Depok

Hanya seorang anak SMA yang mencoba peruntungan menulis di Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mampukah Bimbel Online Menjadi Primadona?

29 September 2018   15:26 Diperbarui: 30 September 2018   09:30 1078 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mampukah Bimbel Online Menjadi Primadona?
Sumber : http://skul-id.blogspot.com

Dalam ikut serta mencerdaskan anak bangsa peran Bimbel (bimbingan belajar) sangatlah penting untuk mencakup perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Banyak para siswa/i yang merasa kurang mendapatkan Pelajaran di sekolah maka dari itu mengikuti Bimbel lah solusi jitu untuk menutup segala kekurangan pembelajaran di sekolah.

Jika kita lihat dari kenyataan lembaga bimbel akan semakin ramai terutama dari siswa/i tingkat akhir dan menjelang ujian, akan tetapi dari beberapa tahun terakhir ini ada fenomena baru ketika mulai munculnya lembaga bimbel berbasis online seperti Ruang Guru, Quipper, Zenius yang mulai menunjukan eksistensinya dan mereka pun bersaing dengan bimbel biasa yang sudah memiliki nama besar seperti Primagama dan Nurul Fikri.

Efek dari kedua persaingan inipun yaitu mulai banyak kegiatan promosi serta testimoni kepada masyarakat, salah satunya Ruang Guru yang bekerja sama dengan aktor muda Iqbal Ramadhan, aktor yang pernah membintangi Film yang paling fenomenal beberapa waktu lalu yaitu "Dilan 1990" ini dijadikan Brand Ambasador lembaga mereka.

Bimbel online yang muncul beberapa tahun lalu ini pada hakikatnya adalah bentuk dari peran Revolusi Industri ke 4 yang dimana semua lini kehidupan manusia tidak akan jauh dengan internet termasuk dalam urusan pembelajaran.

Bimbel online pun banyak sekali manfaatnya positif terutama dalam kegiatan belajar mengajar lewat dunia virtual yang dimana pelajaran yang disajikan berbasis video, gambar, soal & pembahasan yang kekinian sehingga diharapkan bisa membuka kreatifitas siswa dalam belajar, dan dengan bimbel online para siswa/i pun tidak harus dibuka menyita waktu mereka untuk mengikuti kegiatan pembelajaran karena hanya dengan membuka smartphone mereka masing-masing mereka bisa langsung ikut pembelajaran ditambah dengan biaya yang terjangkau serta metode pembayaran yang mudah seperti via transfer ataupun lewat minimarket alasan itulah yang menjadi semakin ramainya bimbel online ini.

Berbeda dengan sistem bimbel biasa siswa/i bisa langsung bertatap muka dengan guru, semua pembelajaran bisa dilakukan disatu tempat dan adanya interaksi lebih antara Siwa serta pengajar secara langsung, walaupun nilai minus bimbel biasa ini adalah siswa/i harus bisa mengatur waktu belajar dan memungkinkan 1 kelas yang terlalu ramai membuat hilangnya konsentrasi murid walaupun sebenarnya ini bisa diakali dengan private yang pasti dengan private akan menambah biaya yang harus dikeluarkan.

Mungkin pertanyaan dari kita semua adalah mungkinkah bimbel online bisa menjadi pilihan utama masyarakat? sebagaimana transportasi online yang bisa menjadi primadona dari pada transportasi biasa. Hal ini bisa saja terjadi karena dengan mulai ramainya bimbel online dari tahun ke tahun walaupun nilainya tidak begitu signifikan akan tetapi waktulah yang bisa menjawab semua ini.

VIDEO PILIHAN