Mohon tunggu...
Muhammad Syifaul khoir
Muhammad Syifaul khoir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Khas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perempuan sebagai Pemimpin Dalam Politik

16 Oktober 2021   12:16 Diperbarui: 16 Oktober 2021   12:18 40 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kepemimpinan seorang perempuan di era sekarang ini masih hal baru bagi masyarakat Indonesia, masih banyak masyarakat bertanya-tanya mengenai apakah bisa perempuan itu menjadi seorang pemimpin, yang mana notabene seorang pemimpin itu adalah laki-laki, jika melihat sejarah memang kebanyakan seorang pemimpin itu adalah laki-laki, begitu juga di Indonesia, namun di Indonesia pernah dipimpin oleh perempuan yang mana pemimpin tersebut adalah Megawati Soekarnoputri yang pernah menjabat sebagai presiden Republik Indonesia pada tahun 2001 sampai 2004, tidak hanya megawati, di jaman sekarang ini juga ada perempuan menjadi pemimpin. 

Namun masalah pemimpin seorang perempuan masih menjadi dilema bagi banyak orang, di satu sisi adanya anggapan bahwa pekerjaan seorang perempuan itu hanyalah pekerjaan rumah, seperti mengurus rumah, mengurus suami dan anak, dan masih banyak lainnya. 

Dalam islam perempuan itu mendapat tempat mulia dan juga perempuan juga mempunyai hak dalam berpolitik, dan melakukan peran sosialnya secara tegas, transparan dan terlindungi. 

Dalam islam juga seorang laki-laki dan perempuan mempunyai tanggung jawab yang sama dalam membangun masyarakat, bangsa maupun negara, dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat demi kemajuan kehidupan masyarakat salam semua aspek. 

Dalam di Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 30 menjelaskan bahwa semua manusia itu sama, yaitu menjadi seorang khalifah dan menciptakan kemaslahatan di muka bumi, dan juga Rasulullah juga pernah bersabda "ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin. dan setiap kalian bertanggung jawab apa yang dipimpinnya".

Jika melihat di era sekarang ini banyak perempuan itu mulai terjun ke dunia politik, dan juga banyak perempuan itu memiliki sifat dan jiwa pemimpin, jika merujuk ayat di atas bahwa perempuan juga boleh dan bisa menjadi pemimpin, apalagi di era sekarang banyak pemimpin suatu daerah di indonesia dipimpin oleh seorang perempuan, juga dalam islam landasan untuk menjadi seorang adalah kemaslahatan umat. Wanita juga bisa menjadi pemimpin apalagi di era sekarang ini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan