Mohon tunggu...
Muhammad Syafiq
Muhammad Syafiq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Peternakan di Universitas Brawijaya, Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuliah atau Kerja?

9 Desember 2022   16:55 Diperbarui: 10 Desember 2022   04:46 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan adalah sebuah usaha untuk mencari, menimba, ataupun memperoleh pengetahuan dan ilmu yang didapat dari seseorang yang lebih mengetahui. Ilmu yang dicari dapat bermacam-macam baik ilmu pengetahuan, ilmu adab, maupun ilmu lainnya. Tempat untuk memperoleh ilmu dapat diperoleh dari mana saja, contohnya ilmu pengathuan yang didapat dari sekolah. Tingakatan sekolah yang ada di Indonesia dimulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajatnya.

Setelah menempuh Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajatnya, para siswa dapat langsung mencari pekerjaan maupun melanjutkan kuliah. Biasanya anak lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) melanjutkan untuk kuliah dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melanjutkan untuk bekerja, karena sudah dibekali ilmu praktek yang lebih banyak dibandingkan lulusan anak SMA. Namun, tidak sedikit juga siswa lulusan SMK yang melanjutkan kuliah sesuai dengan jurusannya.

Kebanyakan siswa lulusan SMA sederajat bimbang memilih melanjutkan untuk kuliah atau kerja. Semua orang memiliki faktor tertentu untuk memilih kedua pilihan tersebut. Seperti contoh, ada beberapa orang yang memilih melanjutkan kuliah karena gengsi. Namun, sebenarnya ada pilihan lain diantara kedua itu, yaitu menggabungkan antara kuliah dan disambi dengan bekerja. Setiap keputusan yang diambil memiliki dampak positif dan negatif, sama halnya dengan memilih melanjutkan kuliah, kerja, ataupun kuliah disambi kerja. Berikut beberapa dampaknya seperti berikut.

  • Memilih melanjutkan kuliah

Kelebihan bila memilih melanjutkan kuliah yang pertama adalah pastinya mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih banyak lagi dibandingkan lulusan SMA sederajat. Karena, dikuliah kita melanjutkan menuntut ilmu lagi selayaknya anak sekolah. Yang kedua lulusan kuliah biasanya lebih dipandang orang perusahaan saat menerima karyawan baru. Kelebihan yang selanjutnya adalah disaat kedua orang masuk kerja dengan tingkat pendidikan yang berbeda secara bersamaan, biasanya anak lulusan kuliah mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan anak lulusan SMA. Hal ini dikarenakan anak kuliah memiliki tingkat yang lebih tinggi. Dan keuntungan yang terakhir tentunya adalah mendapatkan gelar yang dapat dipajangkan dibelakang nama.

Kekurangan pertama bila menjadikan kuliah sebagai pilihan adalah tentunya akan keluar biaya lagi untuk membayar pendidikan. Namun, hal itu dapat diminimalisir dengan mencari beasiswa yang tentunya memerlukan usaha lebih untuk memenuhi persyaratan tersebut. Kekurangan yang terakhir adalah, di umur yang bersamaan orang yang kuliah lebih sedikit memiliki pengalaman kerja dibandingkan dengan orang yang langsung bekerja setelah lulus SMA. Oleh karena itu, jangan sampai menyia-nyiakan waktu saat menjadi mahasiswa, ikutilah organisasi, kepanitiaan, maupun magang untuk menambah pengalaman dan mengisi Curriculum Vitae (CV).

  • Memilih melanjutkan kerja

Kelebihan pertama jika melanjutkan kerja adalah bisa mendapatkan pemasukan maupun gaji sendiri, yang tentunya tidak memberatkan beban kedua orang tua lagi atau bahasa kasarnya menjadi parasit bagi keluarga. Kelebihan yang kedua adalah bisa mencuri start usia produktif lebih awal, karena sudah dapat memulai membangun apa yang diinginkan. Keuntungan yang terakhir adalah sudah memiliki banyak pengalaman di usia muda dengan bekerja.

Kekurangan nya adalah cukup sulit bersaing saat mendaftar kerja bersamaan dengan orang lulusan sarjana. Karena, perusahaan biasanya lebih memprioritaskan lulusan sarjana.

  • Memilih kuliah disambi kerja

Kuliah sambil bekerja dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti, mengikuti kerja Part Time, membangun usaha kecil-kecilan sendiri, menjadi guru les, dan masih banyak cara lainnya.

Kelebihan pertama jika memilih kuliah sambil kerja adalah mendapatkan ilmu dan uang secara bersamaan. Dengan kuliah, mendapatkan ilmu yang diperoleh dari pembelajaran dikampus, dengan bekerja, mendapatkan uang yang bisa meringankan beban kedua orang tua. Kelebihan selanjutnya adalah mendapatkan pengalaman lebih dibandingkan mahasiswa biasa. Kelebihan ini dapat dimanfaatkan untuk menambahkan portofolio agar bisa menjadi nilai tambahan saat mendaftar kerja setelah lulus kuliah.

Kekurangan yang akan dirasakan ketika kuliah sambil kerja adalah sulitnya membagi waktu. Manajemen waktu sangat wajib dimiliki mahasiswa yang sambil bekerja, karena padatnya jadwal kuliah dan lelahnya bekerja akan membuat jadwal berantakan. Harus pintar-pintar dalam membagi waktu kuliah, bekerja, dan tidak kalah penting yaitu waktu untuk isitirahat. Percuma saja bila memperoleh ilmu dan uang, namun kesehatan tidak dijaga.

Dan itu tadi adalah beberapa gambaran menganai kelebihan dan kekurangan memilih melanjutkan kerja atau kuliah. Semua didasarkan pada diri sendiri, pilih sesuai dengan kebutuhan diri sendiri jangan mengutamakan faktor gengsi. Semua keputusan memiliki dampak masing-masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun