Mohon tunggu...
Titin jamila
Titin jamila Mohon Tunggu... Mahasiswi

Semangat membara, menggapai cita-cita

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Pemikiran Tokohnya

29 Mei 2020   21:21 Diperbarui: 29 Mei 2020   21:19 8 0 0 Mohon Tunggu...

 

A. Perenialisme

Perenialisme merupakan salah satu aliran dalam pendidikan. Dan aliran ini juga menentang pada pandangan progresivisme. Dan persenialisme juga memandang situasi dunia dewasa yang ada pada sekarang ini.

B. Tokohnya

1. Plato
Dia berpandangan bahwa kenyataan atau realita yng hakiki itu tetap tidak akan berubah ubah. Dan menurut beliau, bahwa realita itu tidak ada pada diri manusia. Menurut dia realita yang hakiki itu bersumber dari Tuhan.

2. Aristoteles
Dia adalah murid dari plato. Dan pemikirannya itu tidak kepada aliran perenialisme, melainkan pada aliran idealisme. Dan pemikirannya juga berbeda jauh dengan gurunya plato itu. Plato lebih menekankan atau mengedepankan rasional spekulatif. Sedangkan aristoteles kepada berfikor rasional empiris realita atau kenyataan.

3. Thomas Aquina
Menurut beliau, beliau ingin mencoba menyatukan atau mempertemukan satu tantangan yaitu ajaran kristen dan filsafat. Menurut dia, bahwa pertentangan itu tidak bisa dijadikan sebagai pertentangan antara filsafat dan kristen. Dan keduanya harus dalam masing masing jalannya. Pandangan dia tentang realita adalah sesuatu yang ada dimula bumi ini adalah ciptaan Tuhan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x