Mohon tunggu...
Muhammad Soif
Muhammad Soif Mohon Tunggu... Guru - Guru seni budaya

bergerak dibidang visual art, terutama seni mural dan digital

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Seni Mural dan Grafiti sebagai Edukasi Positif

3 Desember 2022   06:46 Diperbarui: 3 Desember 2022   07:14 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: karya seni mural muhammad Soif

SENI MURAL DAN GAFITI SEBAGAI EDUKASI POSITIF 

Seni Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding,  permukaan luas atau monumental yang bersifat permanen.

Seni Mural menjadi alternatif  aktivitas pameran di ruang publik, dimana karya mural sangat mudah menjadi konsumsi publik, dengan konsep yang menarik keindahan dan pesan yang disampaikan oleh seniman itu sendiri, mural juga mampu menyegarkan publik/masyarakat yang melintasinya.

Perbedaan seni mural dan seni grafiti, paling utama terdapat pada konsep pengkaryaanya. Seni mural lebih pada konsep-konsep yang komunikatif, pesan dari karya yang disampaikan mudah dipahami oleh publik. Seni grafiti lebih pada konsep karakter diri sendiri.

Image: karya grafiti Muhammad Soif (POC)
Image: karya grafiti Muhammad Soif (POC)

Seni mural dan garfiti bisa menjadi materi inovasi yang tepat di pembelajaran sekolah, khususnya tingkat menengah keatas, dimana bisa mengajak siswa menikmati pembelajaran diluar kelas, memperkenalkan mereka tentang kerja sama kelompok, sehingga menjdi materi yeng memberikan mereka refresing, bermain sambil belajar.

Berkarya di media dinding seperti seni Mural dan grafiti mampu menumbuhkan rasa bangga dan rasa percaya diri peserta didik khususnya tingkat mengengah keatas. Dengan menyediakan media berkarya di lingkungan sekolah, serta diikuti dengan edukasi yang positif tentang hakikat berkarya seni dan ruginya kegiatan vandalisme, mampu mengurangi hasrat generasi muda menjadi serang vandalisme.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Image: kegiatan pembelajaran seni mural dengan tema Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMA Negeri 1 Karangtengah Demak (Dok. pribadi)
Image: kegiatan pembelajaran seni mural dengan tema Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMA Negeri 1 Karangtengah Demak (Dok. pribadi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun