Mohon tunggu...
Muhammad Sanda Amanullah
Muhammad Sanda Amanullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Saya menyukai hal berbau teknologi

Selanjutnya

Tutup

NFT

Lonjakan NFT di Tahun 2022, Bagaimana Kabarnya?

24 Juni 2022   10:40 Diperbarui: 28 Juni 2022   09:44 204 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
NFT. Sumber ilustrasi: KOMPAS GRAMEDIA

Sempat viral beberapa waktu lalu, seorang lelaki dari pemilik akun Ghozali Everyday di OpenSea membanjiri berita di tanah air. Pria itu mengunggah NFT yang berisi foto selfie dirinya sendiri di depan kamera. Pria pemilik akun yang diketahui bernama Ghozali. Ghozali berhasil melonjakkan sekaligus memperkenalkan nama NFT di Indonesia. Alhasil, NFT menjadi tersebar dan membuat kenaikan, terutama pada grafik penjualan NFT. Kemudian, bagaimana kabarnya di tahun 2022? Apakah masih worth it? Mari saksikan penjelasan di bawah ini.

NFT apa sih?

NFT merupakan sebuah aset digital yang dapat diperjualbelikan di dunia maya. NFT dapat diartikan pula sebagai sertifikat yang dapat berpindah tangan, dengan history pemilik sebelumnya yang dapat dilacak. Namun, aset tersebut hanya bisa dimiliki sebatas gambar/art/domain/musik/karya digital lainnya yang tidak dapat dijadikan bentuk fisik. Dalam proses transaksinya, data NFT disimpan dalam sistem blockchain. 

Blockchain sendiri adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi (cnbcindonesia.com). Dengan keamanan tersebut, NFT dianggap aman oleh kalangan masyarakat, sehingga menjadi salah satu alasan banyak yang terjun ke dunia NFT.

Mengapa NFT Viral?

Berkat seluk beluk NFT yang didasari keamanan baru dan canggih, para pengunjung mulai berdatangan untuk mencobanya. Sistem blockchain inilah yang dianggap dapat dipercaya.

Selain itu, upaya transaksi dari NFT itu sudah tidak main-main, mulai dari 0,01 ethereum atau sekitar 18 ribu rupiah hingga 74.800 ethereum atau sekitar 1,3 triliun rupiah. Hal itu membuat banyak orang berbondong-bondong untuk terjun ke dunia NFT demi meraih cuan. Walaupun tak sedikit pula yang tidak mengetahui bagaimana NFT bekerja.

Kasus munculnya berita viral lain seperti pemilik akun NFT Ghozali Everyday yang berhasil mendapat cuan hingga 1,3 miliar. NFT juga membuat para pencari cuan berdatangan. Terutama dari negara tanah air.

Pergejolakan NFT

Ghozali Everyday adalah salah satu nama akun NFT di OpenSea yang sukses membawa nama NFT ke tatapan masyarakat luas. Akun itu membawakan NFT yang unik karena NFT-nya berisi dari swafoto pemilik akun itu sendiri. Hal ini membuat NFT kian hari menaik pada saat itu.

Melihat grafik volume penjualan 2021, NFT mulai menaik di tahun 2020. Pada sekitaran tahun itu, terjadi pandemik Covid-19 yang mengakibatkan dibatasinya kegiatan secara tatap muka langsung. Hal ini membuat penggunaan perangkat digital pada saat itu, meningkat secara drastis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan