Mohon tunggu...
M. Saiful Kalam
M. Saiful Kalam Mohon Tunggu... Penulis - Sarjana Ekonomi

Calon pengamat dan analis handal

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Terima Kasih Voter dan Reader Kompasiana

31 Desember 2021   10:18 Diperbarui: 31 Desember 2021   10:23 85 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

By: M. Saiful Kalam

Referensi: Pengalaman pribadi

Tahun 2021 akan segera berakhir, tergantikan dengan tahun baru yang lebih memiliki suasana mungkin akan memberikan kejutan yang baru bagi penulis, yaitu tahun 2022.

Terimakasih tahun 2021 telah menemaniku menulis di Kompasiana. Sebenarnya, saya pribadi masih tergolong labil dalam menulis. Kadang kalau rajin, 1 hari bisa dapet 5 tulisan. Kalau malas ya 0.

Saya mengucapkan terimakasih kepada diri saya sendiri yang telah setia menemani dalam perjalanan dan perjuangan hidup ini.

Tentu terimakasih kedua, saya ucapkan kepada voter dan reader kompasiana. Saya masih ingat betul, Mas Irwan Rinaldi Sikumbang yang merupakan voter pertama di artikel saya.

Artikel saat itu merupakan semacam curhat berupa tulisan. Kalau Bahasa kepenulisan, disebut senandika/solilokui. Ya isinya sudut pandang pribadi penulis semata. Judulnya adalah, "Sahabat, Tempat Terbaik Untuk Menangis."

Jika ditanya tentang siapa Irwan Rinaldi Sikumbang, maka penulis tidak mengenalinya secara langsung. Akan tetapi, saat saya mampir dan membaca beberapa tulisan yang ditulis oleh Mas Irwan, saya punya opini kalau ia memiliki focus tulisan di bidang artikel popular.

Saya piker, menulis di kompasiana mungkin tidak akan ada yang memberikan vote, hanya sekadar membacanya. Tetapi, impress saya kepada kompasiana berbeda 360 derajat.

Ternyata, vote dan comment dari kompasianer itu memberikan semacam 'candu' tersendiri dalam menulis. Artinya, dengan bahkan hanya 1 vote saja, rasa semangat saya dalam menulis pun meningkat.

Apalagi pas kemarin artikel saya masuk ke dalam artikel utama. 1 artikel tersebut bagi saya membawa dampak yang sangat mengesankan dan membawa semangat yang jauh lebih banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan