Mohon tunggu...
M. Saiful Kalam
M. Saiful Kalam Mohon Tunggu... Penulis - Sarjana Ekonomi

Calon pengamat dan analis handal

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Menjawab Pertanyaan di Luar Pemahaman

13 Desember 2021   06:08 Diperbarui: 13 Desember 2021   07:59 234 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tips Menjawab Pertanyaan di Luar Pemahaman

Kalau posisi Anda sebagai pembicara utama atau narasumber, mungkin ada beberapa pertanyaan dari audiens yang terkadang memang sulit dan pengetahuan narasumber mungkin juga terbatas.

Dan kalau Anda ibaratnya masih terjun sebagai narasumber pemula, di awal-awal tahun berbicara, Anda mungkin masih beradaptasi, baik dari intonasi, nada bicara, tatapan mata, dsb.

Materi yang terdapat dalam powerpoint (selanjutnya disingkat ppt) narasumber adalah bahan utama. Sebisa mungkin semua pertanyaan yang berkaitan dengan ppt Anda, wajib dikuasai diluar kepala.

Narasumber yang sudah bertahun-tahun menjalani profesi jadi pembicara atau bisa disebut narasumber ahli, biasanya sudah kenal kondisi audiens dan mampu menyesuaikan diri.

Contoh, menghadapi audies yang memiliki kecerdasan yang tinggi dan ketika bertanya, bobot pertanyaannya benar-benar sulit. Kita tidak bisa asal menjawab, namun perlu memperhatikan berikut.

Satu, menjawab pertanyaan di akhir semua pertanyaan. Trik ini bisa juga diartikan dengan mendahulukan pertanyaan mudah, kemudian menjawab pertanyaan sulit di akhir.

Tujuannya tentu agar memberikan jeda waktu untuk berpikit jernih, lantas kemudian menjawab pertanyaan sulit dengan taktis dan bijak.

Sangat ceroboh ketika narasumber mengatakan tidak tahu dan paham ketika mendapat pertanyaan sulit. Hal itu haruslah dihindari, sebab bisa-bisa Anda dicap sebagai narasumber abal-abal.

Justru dengan adanya pertanyaan sulit, hal itu merupakan kesempatan Anda untuk menaikkan popularitas Anda.

Maksudnya, pertanyaan sulit saja bisa Anda jawab, apalagi pertanyaan mudah. Mungkin seperti itu yang ada di benak audiens yang hadir di tempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan