Mohon tunggu...
Muhammad Said
Muhammad Said Mohon Tunggu... Guru - Guru MTs Negeri 6 Hulu Sungai Selatan

Alumni STKIP PGRI Banjarmasin

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Saya Mengikuti E-Training / Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT)

4 Juli 2019   09:19 Diperbarui: 4 Juli 2019   09:40 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua

Nama saya Muhammad Said seorang CPNS yang baru saja ditugaskan di MTsN 6 Hulu Sungai Selatan sebagai guru Bahasa Inggris. Tahun 2018 lalu saya mengikuti tes CPNS di bawah naungan Kementerian Agama di provinsi Kalimantan Selatan. Tes yang saya lalui benar - benar menguji kompetensi saya sebagai guru yang harus menguasai 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian. Beruntung sebelumnya saya pernah mengajar di berbagai sekolah seperti SDN 2 Mundar (2009-2011), MAN 2 Banjarmasin (2017-2018), UPB UIN Antasari Banjarmasin (2018), SMA PGRI 1 Banjarmasin (2013-2019) dan les privat sehingga saya mempunyai pengalaman yang sangat berharga. Saya juga mengikuti PPG Dalam Jabatan tahap 2 di Universitas Lambung Mangkurat dan dinyatakan lulus dengan mendapat gelar Gr. pada akhir Desember 2018.

Disini saya menyadari dari semua pengalaman yang saya dapatkan kompetensi guru pada zaman digital di abad 21 ini haruslah mengimbangi kemajuan ilmu dan teknologi. Guru tidak lagi sekedar mampu mengajar dengan baik melainkan mampu menjadi pembelajar dan agen perubahan sekolah, dan juga mampu menjalin dan mengembangkan hubungan untuk peningkatan mutu pembelajaran di sekolahnya. Untuk itu, guru membutuhkan pengembangan profesional yang efektif salah satunya pembimbingan dalam hal IT.

Selain pengembangan profesional yang diadakan pemerintah, Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia merupakan solusi yang luar biasa. E-Training ini mampu membuat seorang guru menjadi cakap dalam mengelola pembelajaran di kelas khususnya yang berbasis IT sehingga mutu pembelajaran pun dapat meningkat pesat. Bagaimana tidak, DOGMIT Indonesia yang dibangun oleh Bapak Sukani menawarkan berbagai E-Training yang sangat menarik dan bermanfaat seperti training tentang Focusky, Classdojo & The Hat, Whiteboard Animation, Pemanfaatan Internet, Digital Portfolios, Media Pembelajaran dengan Powerpoint Edugame, Prezi, Quiz Creator dan Flipbook, Membuat Media Pembelajaran berbasis Multimedia dengan Video Maker, dll. Sehingga saat seorang teman dan juga guru senior, Bapak  Sukamto, share tentang DOGMIT Membuat Video Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Video Maker FX saya langsung mengambil kesempatan ini. Saya yakin para peserta didik nantinya pasti akan menikmati video pembelajaran berbasis multimedia dengan antusias dan gembira.

Saya berharap E-Training ataupun Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia yang dibina oleh Bapak Sukani ini bias terus menjadi inspirasi untuk saya dan guru guru lainnya untuk memajukan Pendidikan di Indonesia. SALAM HEBAT LUAR BIASA UNTUK SELURUH GURU INDONESIA!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun