Mohon tunggu...
Muhammad Rofy Nurfadhilah
Muhammad Rofy Nurfadhilah Mohon Tunggu... Penulis

Jika benar, baik dan bermafaat, maka silahkan 'ambil'. Namun, jika salah, tidak baik dan tidak bermanfaat, maka luruskan dan nasihatilah kami dengan cara yang baik.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menyoal Indikator Sekolah Swasta Berkualitas

3 Juli 2020   03:22 Diperbarui: 3 Juli 2020   03:59 77 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Indikator Sekolah Swasta Berkualitas
https://www.pexels.com

Terlepas dari persoalan jalur zonasi atau prestasi, tak sedikit orang tua atau calon peserta didik baru yang akhirnya menjatuhkan pilihan untuk mendaftar ke sekolah swasta, dengan berbagai alasan tertentu.

Sekolah swasta yang dikelola oleh sebuah yayasan kerap bersaing untuk menggaet calon peserta didik baru dengan berbagai strategi marketing. 

Dengan menyuguhkan program unggulan masing-masing, dengan biaya pendidikan yang tidak main-main, seperti apakah -sebetulnya- indikator sekolah swasta berkualitas tersebut?

Mengingat, pembiayaan pendidikan hampir seluruhnya  dibebankan kepada orangtua, sekolah swasta berkualitas wajib memberikan pelayanan terbaik bagi kliennya. 

Fasilitas

Dengan biaya selangit, kualitas pendidikan di sekolah swasta yang pertama kali tampak adalah ketersediaan fasilitas yang memadai.

Mewah dan memadai merupakan dua hal yang hampir berdekatan. Namun, mewah cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi dari memadai, dari sisi materi.

Jika fasilitas sekolah swasta telah memadai, maka sudah cukup sekolah tersebut dikatakan berkualitas, meskipun tidak mewah.

Fasilitas laboratorium yang komplit, ketersediaan sarana pengembangan diri seperti ekskul, adanya layanan psikolog, misalkan, merupakan contoh nyata dari fasilitas pendidikan yang memadai.

Kualitas fasilitas yang memadai tersebut wajib adanya, jika memang sekolah tersebut mematok biaya yang cukup mahal.

Program unggulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x