Mohon tunggu...
Muhammad Rifqi Hasmi
Muhammad Rifqi Hasmi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Samarinda

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Influencer sebagai Komunikator dalam Pencegahan Virus Covid-19

11 Mei 2021   18:08 Diperbarui: 11 Mei 2021   18:22 58 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini, dunia sedang dihadapi dengan merebaknya sebuah virus, yaitu coronavirus atau biasa dikenal dengan Covid-19. Pada awalnya, virus ini ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir Desember 2019. Virus ini sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Seperti yang kita ketahui, virus tersebut masuk ke Indonesia sejak awal bulan Maret 2020, dan dengan cepat virus tersebut sudah menyebar ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. 

Tenaga medis menjadi garda paling depan dalam menangani kasus Covid-19, namun dengan melonjaknya kasus penularan Covid-19, ditambah lagi sarana dan prasarana tim tenaga medis yang belum memadai, pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan tenaga medis saja untuk pencegahan penularan Covid-19. Perlu adanya komunikator-komunikator yang mampu mengedukasi kepada masyarakat tentang bahayanya penularan Covid-19, yaitu para influencer. 

Mengapa influencerkarena para influencer memiliki jumlah pengikut yang banyak dan mempunyai pengaruh di media sosial. Ditambah lagi, beberapa dari kita pasti sering menggunakan media sosial seperti, Facebook, Youtube, Twitter, Instagram, dan Tiktok. Tentunya ini mempermudah penyampaian edukasi mengenai bahaya penularan virus tersebut. Pada pandemi seperti ini, diharapkan juga para influencer mampu menjadi contoh untuk mempersuasif masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. 

Menurut saya, salah satu influencer yang mempunyai kredibilitas dan menjadi komunikator dalam pencegahan penularan Covid-19 adalah Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dengan Dokter Tirta. Beliau merupakan seseorang yang aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya Covid-19 melalui media sosial miliknya. Dengan memiliki jumlah pengikut yang banyak pada media sosial miliknya, Dokter Tirta mengajak followers nya untuk sama sama memerangi Covid-19. Berbagai macam telah ia lakukan untuk memerangi Covid-19 seperti mengajak orang untuk berdonasi, membantu penyemprotan disinfektan, mengedukasi masyarakat mengenai protokol kesehatan, serta menyerahkan APD dan makanan ke rumah sakit. 

Masih banyak influencer lainnya yang melakukan hal serupa untuk memerangi Covid-19. Namun perlu disadari, pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi kita semua, maka dari itu marilah kita sama-sama menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN