Mohon tunggu...
Muhammad Rafi Fadhilah
Muhammad Rafi Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mr. F

Express Yourself ✅ Tech▪️Games▪️Guitar SV IPB 58 / Manajemen Informatika 📧mrfadhilah03@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

Blockchain

17 Juli 2021   12:28 Diperbarui: 18 Juli 2021   00:41 89 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Blockchain
Market Cryptocurrency/dokpri

Tahun 2021 di Indonesia banyak sekali hal yang menarik untuk dibahaskan, terlepas dari wabah virus yang sedang kita alami saat ini, terdapat satu fenomena yang sering diperbincangkan oleh teman, saudara atau bahkan keluarga kita. Fenomena ini berkaitan tentang sebuah teknologi masa depan yang di harapkan bisa merubah kebiasaan kita untuk kedepannya.

Teknologi ini berkaitan dengan alat pembayaran yang sering kita gunakan. Mata uang fiat yang sering kita gunakan adalah mata uang Rupiah, lalu apa hubungannya dengan teknologi yang akan kita bahas kali ini? Tentu saja teknologi ini akan berkaitan erat dengan mata uang fiat apalagi teknologi ini diharapkan dapat menggantikan peran dari mata uang fiat itu sendiri.

Mata Uang Digital (Cryptocurrency)

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dibangun menggunakan teknologi blockchain. Teknologi blockhain ini tidak memerlukan perantara pihak ketiga sama sekali, sehingga setiap transaksi yang kita lakukan menjadi lebih transparan. Cryptocurrency menggunakan teknologi blockchain dimana setiap data yang ada akan saling terhubung oleh data yang dimiliki orang lain dalam lingkungan pengguna sistem cryptocurrency tersebut.

Mata uang digital (Cryptocurrency) ini diharapkan dimasa depan akan bisa menjadi sebuah alat pembayaran yang sah dan dapat ditransaksikan di semua negara di dunia ini. Oh iya, berdasarkan data dari coinmarketcap.com (situs market Cryptocurrency) saat ini terdapat lebih dari 10.000 jenis mata uang digital loh, dari banyaknya jenis Cryptocurrency saat ini, Bitcoin ($BTC) adalah jenis Cryptocurrency yang memiliki nilai kapitalis pasar paling besar diantara Cryptocurrency lainnya.

Blockchain itu apasih?

Blockchain adalah sebuah jaringan yang diciptakan untuk mencatat sebuah transaksi secara permanen dimana transaksi ini hanya bisa ditambah dan tidak bisa di perbarui ataupun di hapus. Blockchain memastikan validitas transaksi yang telah terjadi akan disimpan di dalam basis datanya.

Dalam sistem tradisional saat ini, setiap transaksi yang kita lakukan akan disimpan oleh otoritas terpusat yaitu Bank. Bank akan menyimpan semua jenis transaksi keuangan yang kita lakukan dan Bank akan memelihara keamanan transaksi kita ini dengan basis perlindungan end-to-end agar mencegah peretasan yang dapat merubah informasi dari transaksi yang kita lakukan.

Tapi, metode ini memiliki kekurangan karena otoritas pusat menjadi pemilik utama data dan merupakan sebuah kegagalan tunggal yang sangat rentan terhadap serangan peretas yang dilakukan oleh orang lain atau bahkan serangan dari orang dalam Bank itu sendiri. Berlawanan dari sistem tradisional ini, blockchain adalah metode paling aman untuk menyimpan data karena tidak bergantung pada satu otoritas saja atau desentralisasi, yang artinya tidak terpusat dan setiap data yang sudah tercatat di dalam blockchain maka data tersebut tidak dapat diperbarui ataupun dihapus, inilah yang menjadi kekuatan dari blockchain.

Bagaimana Cara kerja Blockchain?

Blockchain merupakan kumpulan transaksi yang disimpan dalam basis data publik. Transaksi (blok) berisi informasi tentang semua transaksi yang kita lakukan seperti tanggal, waktu, jumlah uang, tanda tangan peserta, dan kode unik transaksi. Setiap blok dapat menyimpan ratusan jenis transaksi. Blok yang telah dibuat dengan sistem komputasi akan ditambahkan ke rantai blok. Setiap blok berisi kode uniknya sendiri dan juga berisikan kode unik blok sebelumnya, sehingga menyiptakan sebuah rantai blok yang saling terhubung dan tidak akan mungkin terpisahkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN