Mohon tunggu...
Muhammad nur alfajrin
Muhammad nur alfajrin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis artikel untuk memenuhi tugas KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Bantu Lurah Kembangkan Wilayah! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Memetakan Potensi dan Infrastruktur Wilayah Kelurahan Pematang Sulur

12 Agustus 2022   21:49 Diperbarui: 12 Agustus 2022   22:53 56 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peta Potensi dan Infrastruktur wilayah Kelurahan Pematang Sulur (Sumber: Dokumen Pribadi)

Pematang Sulur, Kota Jambi (11/8/2022) - Peta merupakan representasi atau gambaran permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar dan memiliki skala tertentu. Selain itu, pengertian lain dari peta dapat juga dikatakan sebagai informasi yang didapat dari data baik satelit, atribut atau lainnya yang kemudian diolah ke dalam suatu gambar dan disajikan ke pemakai. 

Berbagai hal secara spasial dan bagaimana fenomena dilapangan sepatutnya dapat diijelaskan oleh peta. Banyak manfaat yang didapatkan dari peta sesuai dengan tujuan pembuatannya, seperti tata guna lahan untuk mengetahui perencanaan penggunaan lahan yang dapat berupa kawasan pemukiman, infrastruktur, ruang terbuka hijau dan lainnya.

Kelurahan Pematang Sulur terletak di Kota Jambi dan merupakan bagian dari Kecamatan Telanaipura yang merupakan bagian dari kawasan pusat pemerintahan Provinsi Jambi. Dikutip dari pernyataan Lurah Pematang Sulur (Ibu Wati Gustenti), wilayah kelurahan memiliki 26 RT yang tidak memiliki RW dikarenakan wilayah yang tidak terlalu luas dan juga memiliki 8 Posyandu aktif. Terdapat beberapa fasilitas pendidikan berbagai jenjang yaitu PAUD hingga SMA baik negeri dan swasta. 

Wilayah kelurahan ini juga ditempati oleh instansi pemerintahan, beberapa diantaranya yaitu: KPU Provinsi Jambi, KPP Pratama Jambi, BLKP Jambi dan lainnya. Perkembangan kelurahan dapat dilihat dari pesatnya pembukaan lahan baru untuk pendirian bangunan seperti perumahan, pertokoan dan lainnya.

Berdasarkan deskripsi terkait potensi dan infrastruktur wilayah tersebut, sehingga dibutuhkan suatu peta yang baik dan informatif. Permasalahannya yaitu pihak kelurahan sudah memiliki peta wilayah, namun kurang informatif karena terdapat beberapa hal yang tidak tercantum di dalamnya. Sehingga, perlu adanya pembuatan peta baru untuk mengetahui potensi Kelurahan Pematang Sulur.

Penyerahan Peta kepada Lurah Pematang Sulur yaitu Ibu Wati Gustenti, S.Pt (Sumber: Dokumen Pribadi)
Penyerahan Peta kepada Lurah Pematang Sulur yaitu Ibu Wati Gustenti, S.Pt (Sumber: Dokumen Pribadi)

Proses pemetaan dilakukan dengan menggunakan aplikasi ArcGIS 10.8 dengan sumber peta didapat dari laman milik BIG yaitu Indonesia Geospatial Portal, survey lokasi dan diskusi dengan pihak kelurahan terkait titik koordinat dari lokasi. Hasil peta tersebut diberikan langsung kepada Lurah Kelurahan Pematang Sulur. 

Respons program kerja dari Lurah sangat baik, dimana beberapa waktu mendatang akan diadakan lomba UP2K dan peta baru ini dapat digunakan sebagai data informasi Kelurahan Pematang sulur. Diharapkan dengan adanya program kerja pemetaan ini akan membantu pihak kelurahan untuk dapat menentukan kebijakan-kebijkaan terkait dalam pengembangan wilayahnya.

Penulis: Muhammad Nur Alfajrin
Lokasi : Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi
DPL : Dr. Ir. Eny Fuskhah., M.Si

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan