Mohon tunggu...
Embassy of Uzbekistan
Embassy of Uzbekistan Mohon Tunggu... Lainnya - Instansi Pemerintahan

Kedutaan Besar Republik Uzbekistan untuk Republik Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Presiden Uzbekistan Menghadiri Pertemuan Tertinggi EAEU

17 Oktober 2021   23:06 Diperbarui: 17 Oktober 2021   23:14 86 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev saat menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia Tertinggi

Tashkent, 14 Oktober -- Dilansir dari kantor berita Dunyo IA, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev mengambil bagian dalam pertemuan luar biasa Dewan Ekonomi Eurasia Tertinggi dalam format konferensi video.

Kepala negara Uzbekistan berpartisipasi dalam pertemuan puncak asosiasi integrasi ini untuk ketiga kalinya sejak Uzbekistan menerima status negara pengamat di Eurasian Economic Union (EAEU) pada Desember 2020.

Acara yang diketuai oleh Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev ini juga dihadiri oleh Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, Presiden Belarus Alexander Lukashenko, Presiden Kyrgyzstan Sadyr Zhaparov, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Kuba Miguel Bermudez, dan Ketua Dewan Komisi Ekonomi Eurasia Mikhail Myasnikovich.

Agenda pertemuan mencakup masalah pendalaman lebih lanjut kemitraan ekonomi multilateral, serta mempromosikan interaksi praktis di bidang-bidang prioritas seperti perdagangan, kerja sama industri, pengembangan potensi transportasi dan transit, ketahanan pangan, digitalisasi, ekonomi hijau, dan bidang lainnya.

Dalam pidatonya, Presiden Uzbekistan menguraikan prioritas untuk pengembangan kerja sama yang saling menguntungkan dengan EAEU, yang anggotanya adalah mitra perdagangan dan ekonomi utama Uzbekistan.

Secara khusus, dicatat bahwa dalam konteks pandemi, omset perdagangan negara Uzbekistan dengan negara-negara Organisasi tersebut terus meningkat. Interaksi aktif telah dibentuk dengan Komisi Ekonomi Eurasia, dan Kelompok Kerja bersama telah memulai kegiatannya. Selain itu, proyek kerja sama yang menjanjikan dengan Bank Pembangunan Eurasia sedang dipersiapkan.

Pemimpin Uzbekistan, menekankan pentingnya mengintensifkan upaya untuk membangun hubungan perdagangan dan ekonomi, mengusulkan untuk mengembangkan "Roadmap" bersama untuk menghilangkan hambatan yang ada, menyelaraskan peraturan dan standar teknis, mendigitalkan prosedur pabean dalam perdagangan bersama.

Tercatat bahwa Uzbekistan tertarik untuk memperluas kerja sama dalam menciptakan rantai nilai antarwilayah dengan memperdalam kerja sama industri. Peluang baru untuk ini akan dibuka dengan diadakannya forum industri tahunan "Innoprom (International Industrial Trade Fair) - Asia Tengah" di Tashkent.

Saat berlangsungnya konferensi video Dewan Ekonomi Eurasia Tertinggi
Saat berlangsungnya konferensi video Dewan Ekonomi Eurasia Tertinggi

Kepala Negara Uzbekistan menunjukkan pentingnya peningkatan jaringan koridor transportasi dan infrastruktur logistik sebagai faktor kunci dalam pembangunan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan