Mohon tunggu...
Muhammad Nauval
Muhammad Nauval Mohon Tunggu... Perawat | Aceh Tulen

Suka Menulis Apa Saja

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Meneladani Mush'ab bin Umair, Sosok Pemuda yang Meninggalkan Kehidupan Mewah demi Berjuang Bersama Islam dan Rasulullah

3 Mei 2021   23:29 Diperbarui: 4 Mei 2021   00:08 657 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meneladani Mush'ab bin Umair, Sosok Pemuda yang Meninggalkan Kehidupan Mewah demi Berjuang Bersama Islam dan Rasulullah
Ilustrasi Sahabat Rasulullah, Mush'ab bin Umair. Sumber [Republika]

Masa muda adalah masa yang energik. Masa dimana segala sesuatu dilakukan dengan penuh semangat yang menggebu-gebu. Bahkan, tak jarang kita lihat karena terlalu bersemangat, hingga kemudian membuat tidak sedikit anak muda yang terjerumus pada hal-hal yang tidak baik.

Banyak anak muda yang mulai jauh dari agamanya. Tidak mempedulikan bagaimana keadaan sekitar, tidak memikirkan sedikitpun tentang kematian dan lain sebagainya.

Apalagi jika pemuda tersebut punya segalanya. Orangtuanya kaya. Ia seakan menjadi raja. Anak muda tersebut juga akan besar kepala. Semua pikirannya hanya fokus pada dunia saja.

Jauh sekali dengan yang terjadi pada zaman Rasululllah SAW. Perjuangan menegakkan islam kala itu tidak lepas dari pengorbanan dan perjuangan anak muda. Salah satu contohnya adalah salah seorang pemuda yang juga adalah sahabat Rasulullah SAW bernama Mush'ab Bin Umair.

Siapa Mush'ab Bin Umair ?

Beliau bernama lengkap Mush'ab bin Umair bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Abdud Dar bin Qushay bin Kilab al Abdary al Quraisy. Perawakannya tampan dan penuh dengan semangat.

Mush'ab adalah seorang pemuda yang terlahir dari keluarga yang kaya raya. Ibunya bernama Khunas binti Malik. Ibunya adalah orang yang disegani dan ditakuti di Kota Makkah.

Mush'ab sangat dimanjakan oleh keluarganya. Kala itu, di Makkah hanya Mush'ab lah pemuda yang selalu bergaya mewah dan berpakaian rapi. Ia disukai oleh wanita-wanita. Segala nikmat dunia dimiliki olehnya.

Umur Mush'ab hanya terpaut kurang lebih 14 tahun dari Rasulullah SAW. Mush'ab saat itu belum mengenal islam. Dia hanyalah seorang anak muda yang sangat patuh pada ibunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN