Mohon tunggu...
Muhammad Nabil
Muhammad Nabil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya basket.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Silase, Olahan Pakan Ternak yang Menjanjikan! Sosialisasi Manfaat Silase Pakan Ternak Ruminansia

12 Agustus 2022   18:30 Diperbarui: 12 Agustus 2022   18:30 70 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebonlegi, Magelang (08/08/2022) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Diponegoro tim 2 Tahun 2021-2022 diterjunkan ke masyarakat pada tanggal 05 Juli – 18 Agustus. Salah satu lokasi kelompok KKN UNDIP berada di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Peternakan hewan jenis ruminansia di Indonesia kerap dihadapkan pada sejumlah problematika. Persoalan tersebut salah satunya terkait dengan kondisi Iklim Indonesia yang termasuk negara tropis. Hal yang cukup krusial yang kerap menjadi problem bagi para peternak adalah ketersediaan pakan berupa hijauan makanan ternak (HMT) yang tidak selalu kontinyu. Kondisinya lebih parah ketika musim kemarau tiba. Bahan pakan ketersediaan bahan pakan hijauan bagi ternak pun sangat sulit didapatkan. 

Pengawetan hijauan dengan pembuatan silase bertujuan agar pemberian hijauan sebagai pakan ternak dapat berlangsung secara merata sepanjang tahun, untuk mengatasi kekurangan pakan di musim kemarau maka harus dilakukan pengawetan hijauan ketika musim panen berupa silase. Menurut pak Daslan selaku Kepala Desa.Kebonlegi, sekitar 70% warga Desa Kebonlegi mempunyai ternak dengan komoditas domba dan mempunyai berbagai masalah pada pakan ternak salah satunya kesediaan pakan ternak.

Muhammad Nabil merupakan Mahasiswa KKN UNDIP jurusan Peternakan berinisiatif untuk melakukan program sosialisasi tentang manfaat silase agar warga, khususnya peternak mengetahui manfaat silase, cara pembuatannya dan mendorong peternak Desa Kebonlegi lebih maju.

dokpri
dokpri

Program ini merupakan program sosialisasi yang ditujukan kepada peternak Desa Kebonlegi. Program sosialisasi ini berisi tentang konsep pembuatan silase dan manfaat silase untuk usaha peternakan. Program sosialisasi ini diharapkan dapat membantu peternak dalam menyediakan pakan dengan nutrisi yang baik dengan kontinyu dalam bentuk silase.

Hasil setelah dilakukan program sosialisasi, para warga dan peternak mengerti manfaat silase, bersemangat untuk membuat silase sebagai pakan ternak dan lebih ingin mengetahui ilmu-ilmu tentang pakan ternak, karena keberhasilan pembangunan peternakan tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan pakan yang berkualitas dan kontinyu.

Penulis                      : Muhammad Nabil

Fakultas/Jurusan : Peternakan dan Pertanian/Peternakan

DPL                            : Triyono, S.H., M.Kn

Lokasi KKN             : Desa Kebonlegi, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan