Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnalis

Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Kebijakan Pemerintah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

19 November 2023   08:07 Diperbarui: 19 November 2023   08:10 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/man-in-black-and-white-polo-shirt-beside-writing-board-159844/

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mendorong kemajuan bangsa di berbagai bidang, seperti ekonomi, teknologi, dan sosial budaya.

Oleh karena itu, pemerintah perlu mengambil kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kebijakan-kebijakan tersebut perlu dilaksanakan secara komprehensif dan berkesinambungan agar dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa kebijakan yang dapat diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia:

Meningkatkan anggaran pendidikan

Anggaran pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Anggaran pendidikan yang memadai akan memungkinkan pemerintah untuk menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, meningkatkan kualitas guru, dan mengembangkan kurikulum yang berkualitas.

Anggaran pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 2023, anggaran pendidikan Indonesia hanya sebesar 20% dari APBN, sedangkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara rata-rata mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 25% dari APBN.

Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan anggaran pendidikan secara signifikan. Peningkatan anggaran pendidikan dapat dilakukan dengan cara mengurangi anggaran untuk bidang-bidang yang kurang penting, atau dengan meningkatkan pendapatan negara.

Meningkatkan kualitas guru

Guru merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Guru perlu memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang memadai.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru, seperti program pelatihan dan sertifikasi guru. Namun, upaya-upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil. Masih banyak guru yang belum memiliki kompetensi yang memadai.

Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan kualitas guru melalui program-program pelatihan dan sertifikasi guru yang lebih berkualitas. Selain itu, pemerintah juga perlu memberikan penghargaan yang lebih tinggi kepada guru-guru yang berprestasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun