Mohon tunggu...
Muhammad Imam Bahihaki
Muhammad Imam Bahihaki Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Pelajar penulis artikel

Aku seorang pelajar SMA dan penulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kenapa Google Bisa Tahu Banyak, Bagaimana Cara Kerjanya

17 November 2023   13:45 Diperbarui: 18 November 2023   14:22 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pixabay/PhotoMIX-Company 

Kamu pasti pernah memakai Google atau mungkin pernah mendengar Google, bagaimana sih Google bisa tahu begitu banyak informasi di dunia, sampai-sampai Google sudah menjadi kata kerja, tidak tahu ini "Googling aja", nah disini kita akan mengenal apa itu Google dan bagaimana cara kerja Google, berikut penjelasannya.

Google adalah search engine (mesin pencari) mesin pencari adalah suatu sistem yang melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber, seperti website dan database. Setelah data dikumpulkan, mesin pencari akan melakukan pengindeksan dan organisasi informasi agar mudah diakses oleh pengguna. Selain itu, mesin pencari juga menggunakan algoritma pencarian untuk menampilkan hasil yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. apa itu algoritma? Algoritma pencarian adalah serangkaian langkah yang digunakan untuk menemukan sebuah informasi atau data tertentu dalam kumpulan data.

Lalu bagaimana Google dapat memberikan informasi yang relevan, Google memberikan informasi yang relevan dengan menggunakan machine learning mesin ini yang nantinya dapat meningkatkan kualitas hasil pencarian dan layanan-layanan lainnya dengan terus belajar dari data dan pengalaman pengguna, sehingga informasi yang diberikan relevan.

mesin Google juga akan melakukan Analisis Sentimen dan Big Data yaitu dengan cara mengumpulkan data dari media sosial dan sumber lainnya, menganalisis sentimen untuk memahami tren dan preferensi pengguna dan memanfaatkan big data untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Google adalah contoh nyata dari bagaimana mesin pencari modern beroperasi. Penting bagi kita untuk memperluas pemahaman tentang bagaimana data digunakan dan diolah oleh Google. Kitamemiliki peran penting dalam menjaga privasi dan mengelola jejak digital kita.

https://saweria.co/hihaki (untuk mendukung dan untuk bayar sekolah)

terimakasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun