Pengembangan atau penambahan varian produkÂ
Produk yang sudah kami buat sebelumnya adalah Umbrier. Umbrier merupakan tempat payung yang memiliki bahan waterproof pada bagian luar dan bagian dalam yang dapat menyerap air agar penggunanya dapat dengan cepat dan mudah menempatkan payung basahnya dan melanjutkan aktivitasnya kembali tanpa harus mengeringkan payungnya terlebih dahulu.Â
Berangkat dari produk Umbrier, kami memiliki ide penambahan varian produk yaitu Tasche. Tasche merupakan tas dengan compartment Umbrier yang detachable. Pada Tasche, terdapat produk Umbrier yang bisa dipasang dan dilepas karena terdapat resleting pada sisi tepi nya. Pengembangan produk ini kami lakukan karena preferensi pelanggan yang menginginkan produk yang tidak memenuhi ruang di dalam tas mereka berdasarkan product dan market validation yang telah kami lakukan. Â
Produk Tasche memiliki konsep yang juga sama dengan Umbrier yaitu terbuat dari bahan yang juga waterproof seperti Umbrier sehingga tas dapat melindungi barang di dalamnya dari air. Desain tas dibuat dengan model yang simple namun tetap practical karena di dalamnya terdapat compartment seperti untuk laptop, gadget, alat tulis, dan sebagainya, sedangkan untuk bagian luarnya terdapat Umbrier yang menyerupai sebuah kantong tas apabila sudah dilekatkan. Pada bagian lengan tas, panjangnya dapat disesuaikan sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan. Selain menambahkan fitur pada produk, kami juga melakukan penambahan warna baik pada Umbrier maupun Tasche. Warna yang akan ditambahkan adalah merah maroon, hijau army, pink, coklat muda, dan abu-abu. Pelanggan juga bisa memadupadankan warna Umbrier dan Tasche dengan warna yang berbeda sesuai dengan preferensi mereka.Â
Pengembangan dan Penyesuaian Segmen PelangganÂ
Tasche memilih mass market atau pasar massal karena hanya memproduksi satu jenis produk dan konsumen diperlakukan sama tanpa adanya pengelompokkan dalam karakteristik tertentu. Segmen dari produk Tasche adalah laki-laki dan perempuan, berusia remaja hingga orang tua yang suka menggunakan tas ransel. Kami juga menargetkan pelanggan kami secara geografis yaitu masyarakat yang banyak melakukan aktivitas seperti kota-kota besar seperti, Jabodetabek, Medan, dan kota besar lainnya dengan kondisi cuaca yang mudah berubah. Sedangkan secara psikografis, segmen pelanggan yang kami buat adalah masyarakat yang lebih mementingkan kepraktisan, kelompok masyarakat yang memiliki kesukaan terhadap fesyen, dan masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah. Kami membuat segmen pelanggan juga berdasarkan kebermanfaat produk. Produk ini dibuat untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan orang untuk berpergian sehingga mereka tidak perlu takut membawa barang-barang yang akan rusak jika kena air.
Penyesuaian Value Proposition
Produk pengembangan dari Umbrier tidak jauh berbeda dengan produk awalnya dan masih memiliki unsur Umbrier. Dengan produk yang tidak jauh berbeda dan masih menghadirkan unsur Umbrier, nilai yang ditawarkan kepada pelanggan pun tidak jauh berbeda dengan produk Umbrier. Produk pengembangan kami ialah tas dengan detachable compartment Umbrier. Nilai yang dihadirkan kepada pelanggan dari produk Tasche ini adalah practical, fashionable, dan easy-to-clean.Â
Nilai practical atau praktis yang diberikan kepada konsumen ialah tas tersebut sangatlah praktis dengan adanya detachable compartment untuk produk Umbrier yang telah kami jual sebelumnya. Bahan dasar tas yang menggunakan bahan waterproof membuat penggunanya tidak perlu repot-repot menggunakan rain cover di kala hujan. Kedua, kami menghadirkan tas yang praktis tetapi tetap melihat dari segi estetika dari tas tersebut. Hal tersebut membuat sang pengguna tetap stylish dan fashionable saat memakainya. Terakhir, bahan waterproof yang digunakan sebagai bahan dasar tas tersebut membuatnya mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan.
Pengembangan dan Penyesuaian Hubungan Pelanggan