Mohon tunggu...
MUHAMMAD HARI SETIADI
MUHAMMAD HARI SETIADI Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERITAS MUHAMMADIYAH RIAU

MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERITAS MUHAMMADIYAH RIAU

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Pandangan Hidup

19 April 2021   14:54 Diperbarui: 19 April 2021   14:55 539 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Pandangan Hidup
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

             Pancasila sebagai sebagaimana semestinya merupakan ideologi atau pedoman bangsa indonesia.Orang yang berjasa dalam merumuskan pancasila dijuluki The Founding Fathers.Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan kemerdekaan negara Indonesia.Pancasila sebagai pandangan hidup harus diamalkan nilai-nilai kehidupannya dan dijalankan dengan penuh kesadaran yang tinggi agar terjadi keselerasan kehidupan bangsa indonesia.

             Kita sebagai warga negara indonesia sudah jelas menjadikan pancasila sebagai pendangan hidup, sebab nilai-nilai yang terkandung dalam dijadikan acuan dan teladan dalam menjalankan kehidupan yang tertata.

             Pengamalan pancasila sebagai pandangan hidup berdasarkan pribadi masing-masing  sebagai pelakunya.Para warga negara harus dapat membedakan mana yang dilakukan atau tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.Misalnya dalam sila pertama, kita sebagai warga negara harus bersikap toleransi kepada umat berbeda agama.

             Pada sila lainnya juga kita dapat menerapkan nilai yang lainnya, contohnya dalam sila kedua,kita tidak boleh membeda-bedakan orang lain dalam menolong,senantiasa bersikap sopan santun  kepada semua orang.

            Tantangan yang dihadapi pancasila sebagai pandangan hidup yang Pertama Banyak warga indonesia lebih menyukai produk luar dibandingkan produk dalam negeri. Yang kedua terjadinya globalisasi yang menciptakan kehidupan tanpa ada batasan berinteraksi dalam kehidupan yang global. Yang ketiga munculnya paham-paham yang bertantangan dengan pancasila,contohnya komunisme.

             Pancasila sebagai Way Of Life harus diaktualisasikan dengan penuh kesadaran karena untuk mewujudkannya harus membiasakan diri seperti melalui eduksi pembelajaran dan kehidupan yang bersosial.Dengan menerapkan Pancasila dan juga menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup, tentu hidup kita akan jauh lebih tertata dan juga menciptakan keamanan serta kenyamanan antara satu dengan lainnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN